Surah Al-Qur’an yang Dinamai dengan Hari Kiamat

0
655

BincangSyariah.Com – Isi di dalam ayat-ayat Al-Qur’an tidak hanya menerangkan tentang syariat dan akhlak, namun juga diterangkan tentang huru hara hari Kiamat. Bahkan, di antara nama-nama surahnya dinamai surah Kiamat, meskipun dengan berbagai istilah/nama.

  1. Surah Al-Qiyamah

Surah Al-Qiyamah berarti hari Kiamat. Dinamakan demikian karena surah ini diawali dengan sumpah Allah dengan hari Kiamat, untuk menunjukkan besarnya peristiwa tersebut, dan untuk menunjukkan bahwa hari Kiamat pasti adanya, serta untuk menolak anggapan orang yang mengingkarinya.

Surah yang terdapat di dalam juz ke 29 dan menempati surah ke 75 ini termasuk surah Makkiyyah dengan jumlah 40 ayat.

  1. Surah Al-Waqi’ah

Surah Al-Waqi’ah berarti hari Kiamat. Dinamakan demikian karena surah ini diawali dengan firman Allah swt., “Idzaa waqa’atil waaqi’ah/jika terjadi hari Kiamat yang pasti kejadiannya.”

Surah yang terdapat di dalam juz ke 27 dan menempati urutan surah ke 56 ini tergolong surah Makkiyyah dengan jumlah ayat 96.

  1. Surah At-Taghabun

Surah At-Taghabun berarti hari pengungkapan-pengungkapan kesalahan/hari Kiamat. Surah ini tergolong surah Madaniyyah dan memiliki 18 ayat ini berada di dalam juz ke 28 dan menempati urutan surah ke 64.

Dinamakan surah At-Taghabun karena di dalam surah ini disebutkan tentang hari Kiamat yang ditampakkan bahwa orang kafir tertipu dan rugi karena telah meninggalkan keimanannya selama di dunia. Adapun kata at-taghabun itu sendiri terdapat di dalam ayat ke 9 sebagaimana berikut.

يَوْمَ يَجْمَعُكُمْ لِيَوْمِ الْجَمْعِ ، ذلِكَ يَوْمُ التَّغابُنِ ….

Ingatlah) pada hari (ketika) Allah mengumpulkan kamu pada hari berhimpun, itulah hari pengungkapan kesalahan-kesalahan….

  1. Surah Al-Haqqah

Surah Al-Haqqah berarti hari Kiamat. Surah yang terdiri dari 52 ayat ini tergolong surah Makkiyyah. Surah ini terdapat di dalam juz ke 29 dan menempati surah yang ke 69.

Baca Juga :  Bacaan yang Dibaca Ketika Imam Membaca Surah At-Tin

Dinamakan dengan surah Al-Haqqah karena surah ini dimulai dengan kata “Al-Haqqah, yakni salah satu nama dari nama-nama hari Kiamat. Di dalam surah ini, Allah swt. telah menjadikan penting urusan hari kiamat ini dengan membuat pertanyaan tentangnya di awal ayat.

  1. Surah Al-Qari’ah

Surah Al-Qari’ah berada di juz ke 30 dan menempati urutan surah ke 101. Surah yang tergolong Makkiyah ini berjumlah 11 ayat.

Surah Al-Qari’ah berarti hari Kiamat, dinamakan surah Al-Qari’ah karena ia diawali dengan kata Al-Qari’ah yang dapat menakutkan hati yang mendengarnya karena kengeriannya.

  1. Surah Al-Ghasyiah

Surah Al-Gahsyiah tergolong surah Makkiyyah yang terdiri dari 26 ayat. Surah ini terdapat di dalam juz ke 30 dan menempati urutan surah ke 88. Dinamakan surah Al-Ghasyiyah karena surah ini diawali dengan firman Allah swt.

هَلْ أَتاكَ حَدِيثُ الْغاشِيَةِ

Sudahkah sampai kepadamu berita tentang (hari Kiamat)?

Jadi, Al-Ghasyiyah merupakan salah satu nama hari Kiamat.

  1. Surah Az-Zalzalah

Surah Az-Zalzalah terdiri dari 8 ayat yang tergolong surah Madaniyah. Surah ini terdapat di dalam juz ke 30 urutan surah ke 99. Dinamakan surah Az-Zalzalah disebabkan karena ia dimulai dengan berita tentang kejadian zalzalah/goncangan menjelang hari Kiamat

اِذَا زُلْزِلَتِ الْاَرْضُ زِلْزَالَهَاۙ

Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat,

Demikianlah surah-surah yang bernama hari Kiamat yang hendaknya kita senantiasa merenungkannya untuk dijadikan mawas diri selama berada di dunia. wa Allahu a’lam bis shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here