Mengenal Subaiah Al-Aslamiyah; Sahabat Nabi Perempuan yang Wafat Terkena Wabah  

2
1455

BincangSyariah.Com – Sehubungan dengan mengglobalnya pandemi virus Covid 19 ini, ada kisah dari dunia Islam yang menarik untuk dibahas. Wabah penyakit juga pernah terjadi pada zaman Rasulullah SAW. Bahkan kalangan sahabat banyak yang wafat dalam wabah penyakit ini. Salah satunya adalah sahabat perempuan Subaiah Al-Aslamiyah.

Nama lengkapnya adalah Subaiah binti Al-Harist Al-Aslamiyyah. Beliau istri dari Sa’ad bin Khaulah. Dalam kitab Tahdzibul Kamal disebutkan bahwa beliau  merupakan sahabat perempuan sekaligus perawi hadis yang banyak menerima hadis dari Rasulullah SAW.  Selain itu, banyak tabiin ahli fiqh Madinah dan Kuffah yang meriwayatkan darinya.

Suaminya meninggal pada waktu Haji Wada (10 H). Saat suaminya meninggal, Subaiah sedang mengandung dan beberapa malam setelah suaminya wafat ia melahirkan. Ada pendapat lain dalam kitab Al-Isti’ab fi Hasyiyat Al-Ishabah menyebutkan bahwa beliau melahirkan setelah 25 hari atau 1 bulan setelah suaminya wafat. (Baca: Asy-Syifa binti Abdillah; Perempuan yang Mengobati Wabah Penyakit di Zaman Rasulullah)

Ibn Abdil Barr menceritakan dalam kitabnya bahwa ketika iddahnya habis, Abu Sanabil datang untuk melamar Subaiah. Subaiah mendatangi Nabi dan menyampaikan perihal lamaran yang diajukan oleh Abu Sanabil. Maka beliau bersabda: “Engkau telah halal, maka nikahlah dengan orang yang dikehendakimu.”  Riwayat lain menyebutkan: “ Jika datang yang engkau sukai, maka nikahlah engkau.”

Akhirnya Subaiah dinikahi oleh Musafir Makhzum, di mana saat itu ia masih kufur dan belum masuk Islam. Setelah perjanjian Hudaibiyah (8 H), Subaiah mendatangi Nabi dan meninggalkan suaminya. Tak lama kemudian suami datang menyusulnya dan menyampaikan kepada Nabi: “Wahai Muhammad, kembalikanlah istriku kepadaku. Sebab engkau telah mensyaratkan kepada kami akan mengembalikan orang-orang kami jika kami mendatangimu.” Maka Nabi mengembalikan mahar Subaiah kepadanya serta semua yang pernah dinafkahkannya. Tak lama kemudian turun surah Al-Mumtahanah ayat 10.

Baca Juga :  Kajian Hadis Shahih Bukhari Nomor 5734: Pahala Orang yang Sabar Menghadapi Wabah Penyakit

Diceritakan dalam suatu riwayat bahwa Subaiah meninggal karena wabah yang menimpanya. Dalam kitab Al-Mu’jam Al-Kabir karya Al-Thabrani diceritakan:

عن عقبة بن عامر أن النبي صلى الله عليه وسلم رأى سبيعة الأسلمية تأكل بشمالها فقال : ” أخذها داء غزة “، فقال ” إن بها قرحة ” قال” فمرت بغزة فأصابها طاعون فماتت”

Dari Uqbah bin Amir meriwayatkan bahwa Nabi SAW melihat Subai’ah Al-Aslamiyah makan dengan tangan kirinya. Maka Nabi berkata: ”Dia telah terkena penyakit Gaza.” Kemudian Nabi berkata: “Sesungguhnya ia terkena penyakit nanah.” Nabi berkata: ”Ia melewati Gaza dan tertimpa thaun kemudian ia meninggal.”

Dari riwayat ini menjelaskan bahwa Subaiah Al-Aslamiyah wafat karena wabah (At-Tha’un). Dalam kitab Tuhfatul Ahwadzi (Syarh Sunan At-Tirmidzi) juga disebutkan bahwa Subaiah Al-Aslamiyah makan menggunakan tangan kiri karena tangan kanannya yang terkena penyakit nanah. Penyakit yang menimpa ini muncul saat Subaiah melakukan perjalanan ke Gaza. Hingga akhirnya beliau wafat karena wabah yang menimpanya.

Wallahu A’lam Bisshawab

2 KOMENTAR

  1. […] Ibnu Al-Wardi lahir tahun 1292 Masehi atau 691 Hijriah di Ma’arrah Al-Nu’man dan wafat tahun 1349 Masehi atau 749 Hijriah di Aleppo, disebabkan wabah yang saat itu sedang menyebar dari arah timur. Wabah yang pada Akhirnya membunuh Ibnu Al-Wardi ini dikenal dengan nama  Black Death atau Al-Maut Al-Aswad. (Baca: Mengenal Subaiah Al-Aslamiyah; Sahabat Nabi Perempuan yang Wafat Terkena Wabah) […]

  2. […] BincangSyariah.Com – Dalam dunia medis, wabah merupakan penyakit yang dapat berpindah dari satu individu ke individu lainnya, baik itu pada manusia maupun hewan. Wabah ada yang sifatnya ringan atau bisa sembuh dengan sendirinya dan ada yang sifatnya mematikan, seperti yang saat ini tengah melanda penduduk dunia, Coronavirus. Di Indonesia khususnya, penyakit tersebut tercatat sudah memakan korban sebanyak 55 orang (25/03/20). (Baca: Mengenal Subaiah Al-Aslamiyah; Sahabat Nabi Perempuan yang Wafat Terkena Wabah) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here