Siapakah Sahabat Nabi yang Memiliki Nama Asli Abdullah bin Abu Quhafah?

0
19

BincangSyariah.Com – Pemilik nama Abdullah bin Abu Quhafah di antara sahabat Nabi Saw adalah Abu Bakar Al-Shiddiq. Nama lengkapnya adalah Abdullah bin Abu Quhafah Utsman bin Amir bin Amru bin Ka’ab bin Sa’ad bin Tayyim bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Ghalib Al-Qurasyi Al-Taimi. Nasabnya menyambung dengan Nabi Saw pada kakeknya yang bernama Murrah bin Ka’ab.

Dalam kitab-kitab sirah disebutkan bahwa sebelum Islam datang, nama asli Abu Bakar adalah Abdul Ka’bah yang artinya hamba Ka’bah. Kemudian setelah masuk Islam, namanya diganti oleh Nabi Saw dengan nama Abdullah yang artinya hamba Allah.

Namun demikian, ia lebih dikenal dan masyhur dengan nama kunyahnya, yaitu Abu Bakar Al-Shiddiq. Bahkan saking masyhurnya nama kunyahnya ini, banyak di antara para kaum muslimin yang tidak mengetahui bahwa nama asli Abu Bakar Al-Shiddiq adalah Abdullah bin Abu Quhafah Utsman bin Amir.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Mausu’ah A’lam Al-Khulafa’ berikut;

ابوبكر الصديق: ترجمته وهو خليفة رسول الله صلى الله عليه وسلم اسمه عبد الله-ويقال عتيق-ابن ابي قحافة عثمان بن عامر بن عمر بن كعب بن سعد بن تيم بن مرة بن كعب بن لؤي القرشي التيمي يلتقي مع الرسول صلى الله عليه وسلم في مرة..وقيل كان اسمه في الجاهلية عبد الكعبة فسماه رسول الله صلى الله عليه وسلم عبد الله تيمنا باسم ابيه وكنيته ابوبكر بها اشتهر وعرف

Artinya:

Abu Bakar Al-Shiddiq; Dia adalah khalifah Rasulullah Saw, namanya adalah Abdullah-juga dipanggil ‘Atiq-bin Abu Quhafah Utsman bin Amir bin Amru bin Ka’ab bin Sa’ad bin Tayyim bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Ghalib Al-Qurasyi Al-Taimi. Dia bertemu dengan Rasulullah Saw pada kakeknya yang bernama Murrah.

Disebutkan bahwa namanya di zaman jahiliyyah adalah Abdul Ka’bah, lalu Rasulullah Saw menggantinya dengan nama Abdullah untuk mengharapkan nasib baik melalui nama ayah beliau (ayah Nabi Saw adalah Abdullah). Nama kunyahnya adalah Abu Bakar, dan dia lebih masyhur dan lebih dikenal dengan nama ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here