Selain Bernama Al-Qur’an, Ini Empat Nama Lain Kitab Suci Umat Islam

0
500

BincangSyariah.Com- Allah menamai al-Qur’an tidak terbatas hanya dengan sebutan al-Qur’an dan al-Kitab. Terdapat beberapa nama al-Qur’an yang Allah sebutkan dalam firman-Nya sebagai ditulis oleh Manna’ Khalil Al-Qattan;

Al-Qur’an,

إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا

“Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih Lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS: Al-Isra’ [17]: 9)

Al-Kitab,

لَقَدْ أَنزَلْنَا إِلَيْكُمْ كِتَابًا فِيهِ ذِكْرُكُمْ ۖ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka Apakah kamu tiada memahaminya?.” (QS: Al-Anbiya’ [21]: 10)

Al-Furqan,

تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا

“Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya, agar Dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.” (QS: Al-Furqan [25]: 1)

Ad-Dzikr,

 إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” (QS: Al-Hijr [15]: 9)

At-Tanzil,

وَإِنَّهُ لَتَنزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ

“dan Sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam.” (QS: As-Syu’ara [26]: 192)

Adapun nama yang paling populer dari nama-nama tersebut adalah al-Qur’an dan al-Kitab. Dua penamaan tersebut sesuai dengan kenyataan yang ada, dinamakan al-Quran karena seringnya dibaca oleh lisan dan al-Kitab karena ia tertulis atau terkodifikasi dengan tulisan.

Dua penamaan tersebut juga mengindikasikan bahwa menjaga al-Qur’an harus dilalui dengan dua cara yaitu dengan menghafalnya di dalam dada dan juga tulisan.

Baca Juga :  Hadis-hadis tentang Larangan Meratapi Orang Mati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here