Sejarah Nabi Muhammad saw.: Masa Penyusuan

0
385

BincangSyariah.Com – Telah menjadi tradisi bagi orang-orang Arab pada masa itu, mereka selalu mencari wanita-wanita di daerah pedalaman untuk menyusukan anak-anak mereka. Harapannya adalah agar kelak anak-anak mereka tumbuh menjadi orang yang mulia. Mereka memiliki anggapan bahwa wanita pengasuh yang berasal dari kota itu pemalas dan kurang tekun.

Kemudian, datanglah kaum wanita dari Bani Sa’d ibnu Bakr mencari anak-anak yang akan mereka susukan. Ternyata wanita yang berhasil mendapat pekerjaan menyusukan Nabi Muhammad saw. saat masih kecil adalah Halimah bin Dzuaib As-Sa’diyah. Nama suaminya Abu Kabsyah; dan nama inilah yang dipakai sebagai nama panggilan Nabi saw. nantinya oleh orang-orang Quraisy ketika mereka mengejek Nabi saw. mereka mengatakan, “Orang ini adalah anak Abu Kabsyah yang menyampaikan wahyu dari langit.”

Keberkahan selalu meliputi keluarga tempat Nabi Muhammad saw. disusui dan dirawat selama Nabi Muhammad saw. bersama mereka. Nabi Muhammad saw. tinggal bersama keluarga Halimah dan suaminya selama empat tahun.

 

Sumber: Kitab Nurul Yaqin Fi Siirati Sayyidil Mursaliin karya Syekh Muhammad Al-Khudhari Bek.

Baca Juga :  Ibnu Saba, Sosok Nyata atau Imajiner? (Bagian II)


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here