Ini Sebab Surah At-Taubah Tidak Didahului Basmalah

0
1426

BincangSyariah.Com – Di dalam mushaf Al-Qur’an, antara satu surah dengan surah lainnya pasti akan dipisah dengan lafadz basmalah. Artinya sebelum membaca surah disunnahkan membaca basmalah terlebih dahulu. Bahkan di dalam surah Al-Fatihah, membaca basmalah adalah wajib sebab ia bagian darinya. Namun, bacaan basmalah itu tidak tertulis di dalam surah At-Taubah? Bahkan ulama mengharamkan mendahului membaca basmalah ketika membaca surah At-Taubah. Lalu apa sebab surah At-Taubah tidak didahului basmalah?

Syekh Wahbah Az-Zuhaili di dalam kitabnya At-Tafsir Al-Munir menyebutkan beberapa riwayat tentang alasan tidak didahuluinya surah At-Taubah dengan basmalah sebagai berikut.

Pertama. Surah At-Taubah turun dalam keadaan perang. Sedangkan basmalah menunjukkan keamanan.

Ibnu Abbas berkata, “Aku pernah bertanya kepada Ali r.a., “Mengapa tidak ditulis bismillahirrahmanirrahim di dalam surah Bara’ah (At-Taubah)?” Ali menjawab, “Karena sungguh bismillahirrahmanirrahim adalah (menunjukkan) keamanan. Sedangkan surah bara’ah diturunkan dengan pedang (dalam keadaan perang), janji-janji dilepaskan, serta di dalamnya tidak ada keamanan.”

Kedua. Surah At-Taubah turun dalam keadaan perang. Sedangkan basmalah menunjukkan kerahmatan.

Sufyan bin Uyainah berkata, “Sungguh di permulaan surah ini (At-Taubah) tidak ditulis bismillahirrahmanirrahim disebabkan karena lafadz basmalah adalah rahmat. Dan rahmat itu adalah keamanan. Sedangkan surah ini diturunkan kepada orang-orang munafik dan dalam keadaan perang. Dan rasa aman itu tidak untuk orang-orang munafik.”

Ketiga. Malaikat Jibril tidak menuliskan basmalah ketika menurunkan surah At-Taubah

Imam Al-Qurthubi menuqil pendapat imam Qusyairi, beliau berkata bahwa yang shahih basmalah tidak ditulis adalah karena malaikat Jibril a.s. ketika menurunkan surah ini tidak menuliskannya. Oleh sebab itu, maka para sahabat tidak menuliskan basmalah di dalam mushaf pada masa Amirul mukminin Usman bin Affan. Hal ini juga sebagaimana pendapat imam At-Tirmidzi.

Baca Juga :  Kebijakan yang Diambil Umar bin Abd al-Aziz Usai Dilantik Sebagai Amir Al-Mu'minin

Demikianlah beberapa pendapat alasan sebab surah At-Taubah tidak didahului basmalah. Ada yang berpendapat bahwa basmalah adalah menunjukkan rasa aman dan rahmat. Sedangkan surah At-Taubah turun pada masa perang Tabuk tahun 9 H. Namun, ada pula yang berpendapat bahwa memang ketika malaikat Jibril menurunkan surah ini, ia tidak menyertakan bacaan basmalah. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Ikuti tulisan Annisa Nurul Hasanah lainnya di sini



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here