Sahabat Perempuan yang Pertama Kali Mati Syahid

0
12

BincangSyariah.Com – Dalam kitab Tarikhul Hawadits wa Al-Ahwal Al-Nabawiyah, Sayid Muhammad bin Alawi Al-Maliki menyebutkan bahwa sahabat dari kalangan perempuan yang pertama kali mati syahid dalam Islam adalah Sumayyah binti Khayyath. Ia adalah ibu dari Ammar bin Yasir. Ia meninggal pada tahun kelima dari kenabian akibat ditikam kemaluannya oleh Abu Jahal.

Sayid Muhammad bin Alawi Al-Maliki berkata sebagai berikut;

وفي هذه السنة ماتت سمية ام عمار بن ياسر وهي اول شهيدة في الاسلام

Pada tahun ini (kelima dari kenabian), Sumayyah, ibunya Ammar bin Yasir, meninggal. Ia adalah perempuan pertama yang mati syahid dalam Islam. (Baca: ‘Ammar bin Yasir: Intel di Zaman Nabi yang Selalu Ditawassuli oleh Gus Dur)

Dalam kitab Al-Thabaqat Al-Kubra disebutkan bahwa setelah Sumayyah dan keluarganya dengan terang-terangan menyatakan dirinya masuk Islam, mereka disiksa oleh orang-orang Quraisy. Mereka dipaksa kembali kepada agama semula. Namun mereka tetap bergeming. Mereka tetap tegar memeluk Islam meski mereka disiksa dengan cara dijemur di bawah teriknya matahari.

Saat mengalami penyiksaan dijemur di bawah teriknya matahari, Rasulullah menemui Sumayyah, suaminya Yasir, dan anaknya Ammar. Beliau bersabda;

صَبْرًا يَا آلَ يَاسِرٍ فَإِنَّ مَوْعِدَكُمُ الْجَنَّةُ

Bersabarlah keluarga Yasir. Sungguh tempat kalian adalah surga.

Disebutkan bahwa bahwa meski dicaci maki oleh orang-orang Quraisy, dijemur di bawah teriknya matahari, semuanya tidak menggoyahkan keimanan Sumayyah. Sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Bidayah wa Al-Nihayah, Jabir bin Abdillah melukiskan ketegaran Sumayyah sebagai berikut;

يقتلوها فتأبى إلا الإسلام

Mereka membunuh Sumayyah. Tapi dia tolak semuanya kecuali Islam.

Dia tetap teguh walaupun disiksa hingga lewat Abu Jahal yang sudah berputus asa memaksanya. Kemudian Abu Jahal menghujamkan tombak pada kemaluan perempuan tegar itu. Sumayyah pun menjadi syahidah pertama di dalam Islam.

Saat Abu Jahal tewas di Perang Badar, Rasulullah berkata pada Ammar bin Yasir, putra Sumayyah, sebagai berikut;

قَتَلَ اللهُ قَاتِلَ أُمِّكَ

Allah telah menewaskan orang yang telah membunuh ibumu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here