Sahabat Nabi yang Dijuluki Singa Allah

0
22

BincangSyariah.Com – Di dalam kitab Mirqatul Mafatih Syarh Misykatul Mashabih disebutkan bahwa di antara sahabat-sahabat Nabi Saw yang dijuluki asadullah atau singa Allah adalah paman beliau, yaitu Sayidina Hamzah bin Abdul Muththalib.

حمزة بن عبد المطلب: هو حمزة بن عبد المطلب وكنيته ابو عمارة عم رسول الله صلى الله عليه وسلم واخوه من الرضاعة ارضعتهما ثويبة مولاة ابي لهب هو اسد الله

Hamzah bin Abdul Muththalib; Ia adalah Hamzah bin Abdul Muththalib dan nama kunyahnya adalah Abu Imarah, paman Rasulullah Saw dan saudara susuan beliau. Keduanya, Rasulullah dan Hamzah, sama-sama disusui oleh Tsuwaibah, budak Abu Lahab. Hamzah adalah asadullah atau singa Allah.

Sayidina Hamzah dijuluki demikian lantaran kegigihan beliau dalam membela Nabi Saw dan kecintaan beliau terhadap Islam. Dalam sejarah tercatat bahwa bahwa beliau adalah pemegang panji dalam berbagai peperanga, yaitu perang Abwa’, Dzul ‘Usyairah dan Bani Qainuqa. Begitu juga dalam perang Badar, beliau berada di garis terdepan memimpin pasukan kaum muslimin.

Bahkan dalam perang badar, Sayidina Hamzah menjadi utusan kaum muslimin untuk berduel satu lawan satu dengan pasukan lawan. Dari pihak musyrik Mekkah diutus Utaibah bin Rabi’ah. Akhirnya dengan perlawanan sengit, beliau berhasil mengalahkan Utaibah.

Puncaknya, ketika Sayidina Hamzah ikut serta dalam perang uhud. Dalam perang ini, beliau memang menjadi target khusus, terutama oleh orang musyrik yang kehilangan kerabatnya di perang badar. Disebutkan bahwa budak bernama Wahsyi bin Harb diutus secara khusus untuk membunuh Hamzah dan, akhirnya ia berhasil membunuhnya.

Melihat Hamzah mati dalam keadaan mengenaskan karena dadanya dibelah oleh Wahsyi, Nabi Saw sangat sedih. Kemudian Malaikat Jibril datang menemui Nabi Saw dan mengabarkan bahwa Hamzah tercatat di langit sebagai singa Allah dan Rasul-Nya.

Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Al-Hakim dalam kitab Al-Mustadrak berikut;

جاءني جبريل وأخبرني أن حمزة مكتوب في أهل السموات السبع ;حمزة بن عبد المطلب أسد الله وأسد رسوله

Malaikat Jibril mendatangiku dan mengabarkan padaku bahwa Hamzah dicatat di kalangan penduduk langit tujuh; Hamzah bin Abdul Muththalib adalah singa Allah dan singa Rasul-Nya.

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here