Safinah Abu Abdirrahman: Sahabat Rasulullah yang Dijuluki dengan Nama Kapal

0
31

BincangSyariah.Com – Rasulullah saw memiliki beberapa orang pelayan yang setia dan rela memenuhi segala keperluan beliau. Di antara mereka adalah safinah Abu Abdirrahman, ada yang mengatakan laqab beliau adalah Abu Al Bukhturi. Ada yang mengatakan bahwa nama asli beliau adalah Mihran. Nama Safinah sendiri artinya adalah kapal. (Baca: Doa Mudik dengan Menggunakan Kapal)

Safinah adalah budak yang dibeli oleh salah seorang  Istri Rasulullah saw yang bernama Ummu Salamah dan akan memerdekakaannya dengan syarat bahwa Safinah harus bersedia berkidmat kepada Rasulullah saw seumur hidupnya. Sebagaimana yang diakui oleh Safinah “Ummu Salamah membeliku dan memerdekakanku, tetapi dia mensyaratkan kepadaku untuk menjadi pelayan Rasulullah selama aku hidup. Kemudian aku berkata “Aku memang tidak ingin berpisah dari Rasulullah saw selama aku hidup. (Hilyatul Auliya`)

Rasulullah memberikan nama Safinah (kapal) kepadanya  dikarenakan ia adalah orang yang kuat dan sanggup memikul beban yang tidak sanggup dipikul oleh sahabat rasulullah yang lain. Ia itu layaknya kapal yang sanggup membawa beban yang banyak lagi berat.

Pada suatu hari safinah ditanya oleh salah seorang sahabat yang bernama Sa’id bin Jumhan perihal asal usul nama safinah tersebut, sebagaimana yang terdapat dalam hadist yang diriwayatkan oleh At Thabrani dalam kitab Mu’jam Al Kabir yang diriwayatkan dari Sa’id bin Jumhan;

حدثني سعيد جُمْهَانَ، قَالَ: سَأَلْتُ سَفِينَةَ عَنِ اسْمِهِ؟ فَقَالَ: أَنَا مُخْبِرُكَ بِاسْمِي،”سَمَّانِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَفِينَةَ، قُلْتُ: لِمَ سَمَّاكَ سَفِينَةَ؟ قَالَ: خَرَجَ وَمَعَنَا أَصْحَابُهُ، فَثَقُلَ عَلَيْهِمْ مَتَاعُهُمْ، فَقَالَ:”ابْسُطْ كِسَاءَكَ”، فَبَسَطْتُهُ، فَجَعَلَ فِيهِ مَتَاعَهُ، ثُمَّ حَمَلَهُ عَلَيَّ، فَقَالَ:”احْمِلْ، مَا أَنْتَ إِلا سَفِينَةٌ”، قَالَ: فَلَوْ حَمَلْتُ يَوْمَئِذٍ وِقْرَ بَعِيرٍ أَوْ بَعِيرَيْنِ أَوْ خَمْسَةَ أَوْسُقٍ مَا ثَقُلَ عَلَيَّ.

Artinya:

Telah menceritakan sa’id binJumhan, dia berkata; aku bertanya kepada Safinah perihal namanya. lalu dia menjawab “aku akan memberitahukan asal asul namaku kepadamu. Rasulullah menamaiku safinah (perahu). Kemudian aku (Sa’id bin Jumhan) bertanya mengapa beliau menamaimu safinah? Dia menjawab, beliau (Rasulullah) pernah keluar bersama para sahabatnya, lalu mereka merasa keberatan membawa barang-barang mereka.

Beliau bersabda “Bentangkan kainmu! Lalu aku membentangkan kainku dan meletakkan berang-barang mereka didalamnya, kemudian beliau menaikkannya ke punggungku sambil berkata “Bawalah, engkau ini tidak lain adalah Safinah (Kapal). Dia melanjutkan “seandainya hari itu aku membawa barang sebesar seekor unta, atau dua ekor unta, atau lima suq, maka aku tidak akan merasa keberatan. (H.R Thabrani)

Itulah penyebab dinamakannya Abu Abdirrahman atau Abu Al Bukturi dengan nama Safinah (Kapal) oleh Rasulullah saw. Wallahu Ta’ala A`lam…

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here