Saat Khataman Al-Qur’an, Mengapa Bacaan Takbir Dimulai dari Surah Al-Dhuha?

0
1829

BincangSyariah.Com – Sudah maklum bersama bahwa setelah membaca surah Al-Dhuha hingga surah Al-Nas, kita disunnahkan untuk membaca takbir. Terkait kesunnahan ini, kadang timbul di benak kita sebuah pertanyaan, mengapa kesunnahan membaca takbir ini dimulai dari surah Al-Dhuha? Apa alasannya?

Terkait masalah ini, Syaikh Muhammad Makky dalam kitab Nihayah Al-Qaul Al-Mufid fi ‘Ilmi Tajwid Al-Quran Al-Majid sudah menjawabnya. Menurut beliau, setidaknya ada dua alasan mengapa bacaan takbir dimulai dari surah Al-Dhuha.

Pertama, bacaan takbir setelah membaca surah Al-Dhuha hingga surah Al-Nas disebabkan karena pada suatu waktu Nabi Saw lama tidak menerima wahyu. Menurut sebagian ulama, Nabi Saw tidak menerima wahyu hingga empat puluh hari. Akibat kejadian ini, kaum musyrik mengolok-olok Nabi Saw dengan mengatakan, ‘Tuhan Muhammad marah dan telah mengabaikan dia.’

Setelah empat puluh hari, kemudian Jibril datang dengan membawa surat Al-Dhuha. Saat Jibril membacakan surat tersebut, Nabi Saw lantas mengucapkan takbir untuk membenarkan wahyu yang telah lama dinanti-nantikan oleh beliau sekaligus sebagai bantahan kepada orang-orang kafir.

Kemudian setelah membaca surah-surah setelah surah Al-Dhuha juga disunnahkan membaca takbir. Ini dimaksudkan agar Allah senantiasa dan terus diagungkan hingga akhir surah Al-Quran.

Kedua, saat Nabi Saw menerima wahyu surah Al-Dhuha dari Malaikat Jibril, beliau sangat bahagia sekali. Beliau ungkapkan rasa bahagianya dengan membaca kalimat takbir. Kebahagiaan Nabi Saw ini tak lain disebabkan karena Allah telah berjanji akan mengabulkan permintaan Nabi Saw melalui ayat,’Wa lasawfa yu’thika robbuka fa tardha (Sungguh Allah akan memberikan kepadamu kemudian kamu ridha).

Demikian alasan mengapa bacaan takbir dimulai dari surah Al-Dhuha. Menurut Syaikh Muhammad Makky mengatakan bahwa terdapat alasan lain yang disampaikan oleh para ulama, namun dua alasan di atas merupaka alasan yang sangat kuat dibanding yang lain.

Baca Juga :  Hukum Bertakbir dalam Shalat Setelah Membaca Surah Al-Dhuha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here