Mengenal Putra dan Putri Abu Lahab yang Masuk Islam

0
27

BincangSyariah.Com – Meskipun Abu Lahab, paman Rasulullah, hidup dan mati dalam kekufuran, namun terdapat sebagian putra dan putri Abu Lahab yang masuk Islam. Secara kesuluruhan, putra dan putri Abu Lahab berjumlah enam orang, yaitu ‘Utbah, ‘Utaibah, Mu’attab, Durrah, Subai’ah, dan Khalid.

Dari enam putra dan putri Abu Lahab tersebut, hanya tiga orang yang masuk Islam. Dari putranya dua orang, yaitu ‘Utbah, Mu’attab, sementara dari putrinya hanya Durrah. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Tarikhul Hawadits wa Al-Ahwal Al-Nabawiyah oleh Sayid Muhammad bin Alawi Al-Maliki berikut;

عتبة بن ابي لهب، ذكر في الاصابة انه اسلم وثبت في الحنين، عتيبة بن ابي لهب.،  معتب بن ابي لهب.، درة بنت  ابي لهب اسلمت، سبيعة بنت ابي لهب، خالد بن ابي لهب

‘Utbah bin Abi Lahab, dalam kitab Al-Ishabah disebutkan bahwa dia masuk Islam dan termasuk sahabat yang teguh dalam perang Hunain, ‘Utaibah bin Abi Lahab, Mu’attab bin Abi Lahab, Durrah binti Abi Lahab, dia masuk Islam, Subai’ah binti Abi Lahab, dan Khalid bin Abi Lahab.

Disebutkan bahwa ‘Utbah memeluk Islam bersama saudaranya Mu’attab di hari penaklukkan Kota Mekkah. Awalnya, keduanya kabur namun kemudian Rasulullah mengutus pamannya, Abbas bin Abdul Muthalib, untuk menemui keduanya. Keduanya datang menghadap Rasulullah dan menyatakan diri untuk masuk Islam. Rasulullah sangat senang dengan keislaman kedua sepupunya ini.

Diriwayatkan oleh Imam Al-Thabrani bahwa setelah ‘Utbah dan Mu’attab masuk Islam, Rasulullah pergi menemui para sahabat dan berkata;

هَذَانِ أَخَوَايَ وَابْنَا عَمِّي -فَرِحًا بِإِسْلَامِهِمَا- اسْتَوْهَبْتُهُمَا مِنَ اللهِ، فَوَهَبَهُمَا لِي

Keduanya ini adalah saudaraku. Putra pamanku -beliau bergembira dengan keislaman keduanya-. Aku memohon kepada Allah tentang dua orang putra pamanku ini. Dan Allah mengaruniakan keduanya padaku (dengan keislamannya).

Dalam kitab Usdul Ghabah fi Ma’rifatish Shahabah disebutkan bahwa ‘Utbah dan Mu’attab turut serta berjihad bersama dalam Perang Hunain dan Perang Thaif. Keduanya termasuk sahabat yang teguh dalam perang Hunaian, dan tidak lari meskipun terjadi kekacauan di awal perang tersbut. (Baca: Sejarah Perang Hunain yang Terjadi pada Bulan Syawal)

Adapun Durrah, ia adalah yang pertama memeluk Islam dari anak-anak Abu Lahab. Ia memeluk Islam di Mekkah dan kemudian hijrah ke Madinah bersama sahabat lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here