Pola Tidur Ibnu Sina Saat Belajar

0
717

BincangSyariah.Com – Bagaimana pola tidur Ibnu Sina saat belajar? Ibn Khalikan dalam kitab Wafayat al-A’yan – seperti dikutip Syaikh Abd al-Fattah Abu Ghuddah dalam karya Shofahat min Shobr al-‘Ulama’ memasukkan biografi Abi ‘Ali Ibnu Sina, sosok filosof dan juga dikenal sebagai dokter dalam sejarah Islam. Kepakarannya di bidang kedokteran melahirkan diantaranya beberapa karya, salah satunya al-Qanun fi al-Thibb.

Dikisahkan, ketertarikannya belajar ilmu kedokteran dimulai ketika ia sudah mulai banyak belajar berbagai ilmu seperti al-Qur’an, akidah, hingga ilmu-ilmu eksak seperti berhitung, aljabar, hingga falak/astronomi dan logika.

Keseriusannya belajar ilmu kedokteran dan ilmu-ilmu lainnya tergambar dari pola tidur Ibnu Sina. Dikisahkan, ia tidak pernah tidur cukup di waktu malam. Di siang hari, waktunya dihabiskan untuk belajar dan meneliti. Ketika ada satu permasalahan yang tidak ditemukan jalan keluarnya, Ibn Sina pergi menuju masjid, mengambil air wudhu, pergi ke masjid lalu shalat dan berdoa agar dibukakan kepahaman.

Selama hidupnya, Ibnu Sina mengarang hampir seratus karangan, mulai dari buku-buku yang tebal, ringkasan, sampai risalah kecil-kecil untuk ilmu-ilmu tertentu.

Baca Juga :  Benarkah Allah Membenci Ulama yang Mendekat kepada Umara?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here