Podcast: Cerita Kehidupan Diaspora Muslimah di Prancis

0
24

BincangSyariah.Com – Belum lama, dan perdebatannya masih terasa sampai saat ini, kita kembali dihebohkan oleh polemik kartun Nabi yang diangkat kembali oleh majalah satir Prancis Charlie Hebdo. Mereka sebenarnya sudah melakukan beberapa kali, dan sudah sampai menimbulkan konflik yang berakhir dengan hilangnya nyawa. Kali ini terjadi lagi. Seorang guru sejarah di Prancis bernama Samuel Paty yang menampilkan kartun Nabi di Charlie Hebdo sebagai bahan diskusi di kelas, tersebar di kalangan muslim di Prancis dan memicu salah seorang dari muslim tersebut, nekat membuat Paty meregang nyawa dengan memenggal kepalanya.

Peristiwa ini membuat presiden Prancis, Emmanuel Macron, berang. Baginya, menghabiskan nyawa seorang pendidik adalah hal yang sangat buruk. Ia sampai berpidato yang diantara kalimatnya menyatakan “Islam adalah agama yang sedang berada di tengah krisis.” Sontak, ucapannya membuat banyak orang di dunia Islam tidak terima, termasuk Indonesia yang sampai kecaman secara resmi juga disampaikan Jokowi.

Apa yang terjadi di Prancis tersebut adalah bagian dari kompleksitas kehidupan muslim di Prancis dan bagaimana persinggungan antara ajaran Islam dengan nilai-nilai lokal Prancis (termasuk kebebasan berpendapat meski dalam taraf yang sangat ekstrim) berinteraksi dan bernegosiasi. Di salah satu Podcast Bincangku Bincangmu dari bincangmuslimah.com, pernah juga dibicarakan seperti apa kehidupan seorang diaspora muslimah asal Indonesia, selama tinggal di Prancis. Ia bercerita banyak hal soal kehidupan muslimah disana. Yuk simak diskusi antara Unaesah Rahmah dan Revy Marlina, mahasiswi Universite Grenoble Alpes. Selamat mendengarkan!

Baca Juga :  Tafsir Surah Yusuf 4-6; Rahasia di Balik Sebuah Mimpi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here