Pesan Rasulullah saw. kepada Khalid bin Sa’id yang Hendak Masuk Islam

0
449

BincangSyariah.Com – Salah satu sahabat Rasulullah saw. yang pertama kali masuk Islam adalah Khalid bin Sa’id bin ‘Ash bin Umayyah bin Abdu Syams Al-Umawi Al-Qurasyi.

Ayah Khalid adalah seorang pemimpin terkemuka di kabilah Quraisy. Jika ia terlambat menyuguhi tamu, maka orang-orang Quraisy bergegas menyuguhi tamunya demi menghormati kedudukannya.

Awalnya, Khalid bin Sa’id bermimpi seolah-olah dirinya akan terjatuh ke dalam suatu jurang yang dalam sekali. Tetapi, ia ditolong oleh Rasulullah saw. hingga akhirnya ia selamat.

Keesokan harinya, ia datang menemui Rasulullah saw. dan bertanya kepada beliau, “Apakah yang engkau serukan itu, wahai Muhammad?” Rasulullah saw. pun menjawab, “Aku mengajak engkau untuk beribadah kepada Allah swt. semata yang tidak ada sekutu bagiNya.

Hendaknya engkau berhenti dari apa yang sekarang engkau lakukan, yaitu menyembah berhala yang tidak dapat mendengar dan melihat serta tidak dapat memberikan madharat dan manfaat.

Dan hendaknya engkau berbuat baik kepada kedua orang tuamu. Janganlah engkau membunuh anakmu karena takut miskin. Janganlah engkau melakukan perbuatan zina, baik terang-terangan maupun secara tersembunyi.

Janganlah engkau membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah swt. membunuhnya kecuali dengan alasan yang hak. Dan janganlah engkau mendekati harta anak yatim kecuali dengan maksud yang lebih baik sehingga anak yatim itu mencapai usia balig.

Hendaknya engkau menunaikan takaran dan timbangan secara adil. Hendaknya engkau berlaku adil dalam keputusanmu jika diserahi tugas untuk memutuskan, sekalipun terhadap kerabat engkau sendiri, dan hendaknya engkau menunaikan janji dengan yang mengadakan perjanjian denganmu.”

Akhirnya, Khalid bin Sa’id pun masuk Islam dan sejak saat itu ayahnya marah sekali. Ayahnya menghukumnya hingga ia tidak diberi makan. Sejak ia tidak diberi makan orang tuanya, ia pergi menemui Rasulullah saw. dan selalu bersama beliau hidup di pinggiran kota Makkah.

Baca Juga :  Inilah Keagungan Rasulullah, Menjadi Nabi Sebelum Dilahirkan

Demikianlah pesan yang disampaikan Rasulullah saw. kepada Khalid bin Sa’id hingga ia memutuskan untuk masuk agama Islam, sekalipun ia harus dihukum oleh ayahnya sendiri demi mempertahankan keislamannya. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Sumber: Kitab Nurul Yaqin Fii Siirati Sayyidil Mursaliin karya Syekh Muhammad Al-Khudhari Bek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here