Peristiwa-peristiwa dalam Sejarah Islam yang Terjadi di Bulan Ramadhan

1
2082

BincangSyariah.Com – Ramadhan artinya sangat panas. Bulan Ramadhan merupakan satu-satunya bulan yang tersebut di dalam Al-Qur’an. Satu bulan yang memiliki kemuliaan, kesucian, dan aneka keistimewaan.

Di dalam bulan Ramadhan, terdapat peristiwa-peristiwa penting di dalam sejarah Islam yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Pertama. Tanggal 17 Ramadhan 2 H, bertepatan pada Januari 624 M, terjadi perang Badar kedua atau disebut dengan Badar Kubro.

Kedua. Tanggal 17 Ramadhan pula Aisyah binti Abu Bakar; istri Rasulullah saw. wafat, bertepatan pada tahun 57 H. ada yang berpendapat 58 H. di usianya yang ke 67 tahun. Dan beliau dimakankan di Baqi’.

Aisyah r.a. adalah salah satu istri Rasulullah saw. yang paling muda dan masih perawan ketika dinikah beliau. Namun, usianya tidak menghalangi kemampuannya untuk mendampingi peibadi agung Nabi Muhammad saw. untuk mengemban risalah ilahi. Kecerdasan dan kekuatan daya ingatnya membuat dia diakui dunia Islam sebagai tokoh pembawa riwayat hadis yang paling otentik.

Putri kesayangan Abu Bakar r.a. ini lahir di Makkah 8 tahun sebelum Nabi Muhammad saw. hijrah atau 614 M. Sepanjang hidupnya sepenginggal Nabi Muhammad saw. Aisyah r.a. menjadi tempat bertanya bagi umat tentang berbagai persoalan. Ia pun sering diminta nasihat oleh para sahabat tentang urusan-urusan pemerintahan. Ia adalah potret wanita hebat pada masa itu di bidah hadis dan fiqih. Wanita yang memiliki panggilan sayang “Humairah/ wanita yang wajahnya kemerah-merahan” dari suaminya; Nabi Muhammad saw. ini wafat pada tanggal 17 Ramadhan 57 H. / 16 Juli 678 M.

Ketiga. Di bulan Ramadhan tahun 40 H. sahabat Ali bin Abi Thalib keponakan sekaligus menantu Nabi Muhammad saw. wafat setelah ditikam oleh Ibnu Muljam. Ada yang mengatakan peristiwa ini terjadi pada tanggal 11, 13, 17, atau akhir di bulan Ramadhan.

Baca Juga :  Ibnu Saba, Sosok Nyata atau Imajiner? (Bagian III)

Keempat. Di bulan Ramadhan pula Fathimah Az-Zahra putri kesayangan Rasulullah saw. dari istrinya Khadijah wafat di usianya yang ke 29/30 tahun, tepat 6 bulan setelah Rasulullah saw. wafat.

Kelima. Tanggal 22 Ramadhan 273 H. di hari Selasa, imam Ibnu Majah wafat dalam usianya yang menginjak 74 tahun.

Imam Ibnu Majah memiliki nama asli Abu Abdillah Muhammad bin Yazid bin Majah yang lahir di Qazwain tahun 209 H. Qazwain adalah salah satu dari sekian kota di Asbahan, kota peradaban literasi umat Islam.

Penyusun kitab Sunan Ibni Majah ini melakukan rihlah ilmiahnya di bidang hadis dari satu kota menuju kota lain, dari Asbahan hingga Bashrah dan Mesir. Beliau berguru ke banyak ulama. Meski dikenal sebagai ahli hadis, Imam Ibn Majah juga seorang faqih, ahli hukum Islam. Salah satu bentuk keterpengaruhannya adalah corak penyusunan bab dan sub bab kitab hadists berdasarkan kitab fiqih yang disebut juga dengan kitab sunan.

Keenam. Peristiwa Fathu Makkah juga terjadi pada bulan Ramadhan tahun 8 H.

Wa Allahu a’lam bis shawab.

Sumber: Kitab-kitab tarikh, tarajum, dan Ensiklopedi Islam.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here