Peristiwa Penting yang Terjadi di Tahun Pertama Kenabian

0
19

BincangSyariah.Com – Sejak Nabi Muhammad diutus menjadi rasul pada usia 40 tahun hingga beliau wafat pada usia 63 tahun, banyak sekali peristiwa penting yang terjadi dalam rentang waktu tersebut. Bahkan sejak awal beliau diangkat menjadi nabi dan rasul atau pada tahun pertama kenabian, banyak sekali peristiwa penting yang terjadi. Namun yang sangat penting, sebagaimana disebutkan oleh Sayid Muhammad bin Alawi dalam kitab Tarikhul Hawadits wa Al-Ahwal Al-Nabawiyah, adalah islamnya empat orang terdekat Rasulullah.

Pertama, islamnya Sayidah Khadijah. Ia adalah istri pertama Rasulullah dan merupakan orang yang pertama kali memeluk Islam. Menurut para ulama, Rasulullah menerima wahyu dari Malaikat Jibril pada hari Senin, dan pada hari itu juga Sayidah Khadijah masuk Islam.

Kedua, islamnya Ali bin Abi Thalib. Menurut Ibnu Ishaq, Sayidina Ali adalah orang kedua yang masuk Islam setelah Sayidah Khadijah. Ia masuk Islam pada hari Selasa, satu hari setelah Rasulullah menerima wahyu. Dan, pada hari itu juga beliau melaksanakan shalat bersama Rasulullah.

Ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis riwayat Imam Al-Thabrani dari Abu Rafi’, dia berkata;

صلى النبي صلى الله عليه وسلم اول يوم الاثنين وصلت خديجة اخره وصلى علي يوم الثلاثاء

Nabi Saw shalat di awal hari Senin, dan Khadijah shalat di akhir hari Senin. Sementara Ali shalat di hari Selasa.

Ketiga, islamnya Abu Bakar Al-Shidiq. Ia adalah sahabat dekat Rasulullah. Ketika Rasulullah mengabarkan bahwa beliau mendapatkan wahyu, ia langsung mempercayainya. Ia bahkan yang pertama kali membenarkan Rasulullah ketika beliau mengalami peristiwa Isra’ Miraj.

Keempat, islamnya Zaid bin Haritsah. Ia adalah budak Rasulullah, pemberian dari Sayidah Khadijah. Zaid bin Haritsah sangat taat kepada Rasulullah dan langsung membenarkan Rasulullah ketika beliau menyatakan dirinya diangkat menjadi nabi dan utusan Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here