Pembagian Surah dalam Al-Quran

1
1565

BincangSyariah.ComAl-Quran merupakan kitab yang diturunkan Allah kepada umat Nabi Muhammad saw sebagai pedoman dan petunjuk dalam menjalani kehidupan di dunia dan mempersiapkan kehidupan akhirat. Al-Quran terdiri dari beberapa surah dan ayat. Ayat merupakan jumlah kalam Allah yang terdapat dalam surah-surah ِAl-Quran, sedangkan surah adalah jumlah dari ayat-ayat Al-Quran yang mempunyai tanda awalan dan akhiran.

Surah al-Quran terbagi menjadi empat bagian. Pertama, Al-Thiwal. Kedua, Al-Miun. Ketiga, Al-Matsani dan yang keempat adalah Al-Mufasshal.

Pembagian al-Thiwal terdiri dari tujuh surah yaitu Al-Baqarah, Ali Imran, An-Nisa’, Al-Maidah, Al-An’am, Al-A’raf, dan yang ketujuh adalah Al-Anfal dan Baraah karena tidak adanya basmalah sebagai pemisah dua surah tersebut sedangkan pendapat yang lain mengatakan surah Yunus.

Al-Miun merupakan surah yang mendekati seratus ayat dan lebih. Sedangkan Al-Matsani merupakan surah yang terdiri dari ayat kurang dari seratus. Disebut al-Matsani karena surah tersebut sering dibaca dan diulang-ulang daripada surah al-Miun dan al-Thiwal. Yang terakhir yaitu al-Mufasshal, suatu pendapat mengatakan dari awal surah Qaf dan pendapat yang lain dari awal al-Hujurat.

Al-Mufasshal dibagi menjadi tiga bagian yaitu thiwal, awsath, dan qishar. Thiwal dari surah Qaf atau al-Hujurat sampai an-Naba’ atau al-Buruj. Sedangkan awsath dari surah an-Naba’ atau al-Buruj sampai al-Dhuha atau al-Bayyinah. Adapun qishar yaitu dari al-Dhuha atau al-Bayyinah sampai akhir surah al-Quran. Disebut al-Mufasshal karena banyaknya pemisah basmalah di antara surah-surah tersebut.

Jumlah surah dalam al-Quran terdiri dari 114 surah dan 113 surah menurut suatu pendapat dengan menjadikan surah al-Anfal dan Baraah satu surah. Sedangkan jumlah ayat adalah 6200 ayat dan masih terjadi khilaf ulama. Adapun ayat yang paling panjang adalah ayat hutang piutang sedangkan surah terpanjang adalah surah al-Baqarah. Hal ini disebutkan dalam kitab Mabahits fii Ulumil Quran karya Manna’ Khalil al-Qattan.

Baca Juga :  Tiga Surah Ini Diakhiri dengan Perintah Ketakwaan

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here