Padang Mahsyar Mengerikan, Ini Tiga Kelompok yang Masuk Surga Tanpa Melalui Hisab Amal

2
2613

BincangSyariah.Com – Padang mahsyar merupakan suatu tempat di mana semua manusia akan dibangkitkan dan dikumpulkan dalam satu tempat itu. Suasana saat itu sangat menakutkan. Dalam suatu riwayat dikatakan pada saat itu manusia dibangkitkan dari tanah atau kuburnya dalam bentuk yang mengerikan. Ada yang berbentuk babi, ada yang bermuka hitam lebam, ada yang dibangkitkan dalam keadaan tak punya tangan dan kaki dan sebagainya. Hal itu sesuai dengan amal yang dikerjakan selama hidup di dunia.

Dalam riwayat yang lain diceritakan pula, pada saat itu jarak matahari sangat dekat dengan manusia yaitu satu jengkal di atas kepala. Tidak dapat dibayangkan betapa panasnya saat itu. Jangankan satu jengkal, matahari sekarang yang ribuan mil dari permukaan bumi saja sudah panas sekali apalagi nanti di mahsyar.

Pada saat itu dalam suasana yang amat panas semua manusia berlari-lari mencari bendera Rasulullah untuk berteduh. Semua manusia menginginkan agar Allah segera melakukan penghisaban amal karena sudah tidak tahan dengan panasnya matahari pas di atas kepala. Nah hanya syafaat Rasulullah yang dapat mempercepat proses itu.

Sebelum adanya hisab amal ternyata ada tiga golongan yang dipanggil oleh Allah untuk masuk surga. Dalam artian tiga golongan ini bebas dari hitungan amal. Siapa saja tiga golongan tersebut? Dalam kitab Syarh Daoiqul Akhbar halaman 28 disebutkan bahwa ada tiga golongan yang dipanggil ke surga sebelum perhitungan atau hisab amal perbuatan.

Pertama, orang-orang yang mempunyai keutamaan, yaitu orang-orang yang sabar dan memaafkan ketika dizalimi. Kedua, orang-orang yang sabar atas menjalankan amal saleh sebagai bentuk ketaatan kepada Allah dan sabar dalam menghindari segala bentuk kemaksiatan kepada Allah. Ketiga, orang-orang yang saling mencintai karena Allah. Oleh karena itu, semoga kita masuk kepada salah satu dari ketiga golongan tersebut. Amin

Baca Juga :  Di Padang Mahsyar Semua Manusia Merasakan Kelaparan dan Kehausan, Kecuali Lima Golongan Ini

2 KOMENTAR

  1. Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang-orang shaleh dan masuk ke dalam Surga Allah tanpa Hisab dan Adzab. Aamiin Yaa Rabbal’alamin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here