Orang-orang yang Bernama Muhammad Sebelum Rasulullah Lahir

0
1794

BincangSyariah.Com – Muhammad merupakan salah satu nama Rasulullah saw. yang paling terkenal. Sebagian orang Arab menamai anak mereka dengan Muhammad karena mendapatkan kabar dari para peramal dan pendeta Yahudi bahwa di akhir zaman terdapat seorang nabi yang bernama Muhammad. Namun, mereka yang menamai anak-anaknya dengan Muhammad itu ternyata bukan nabi yang dimaksud dalam ramalan.

Ulama berbeda pendapat mengenai nama Muhammad yang digunakan orang-orang Arab Jahiliah. Al-Suhaili dalam al-Raudh al-Unf menyebutkan bahwa terdapat tiga orang yang bernama Muhammad sebelum Rasulullah saw. lahir. Pertama, Muhammad bin Sufyan bin Mujasyi‘, buyut penyair Arab jahili Farazdaq. Kedua, Muhammad bin Uhaihah bin al-Julah bin al-Harisy bin Jumahi bin Kulmah bin ‘Auf bin ‘Amr bin ‘Auf bin Malik bin al-Aus. Ketiga, Muhammad bin Humran bin Rabiah.

Menurut Al-Qadhi ‘Iyadh dalam al-Syifa bi Ta’rif Huquqi Mushthafa, terdapat enam orang nama Muhammad sebelum Rasulullah saw. lahir. Ia menambahkan tiga orang nama Muhammad dari apa yang sudah dicatat al-Suhaili. Pertama, Muhammad bin Maslamah al-Anshari, Muhammad bin Bara al-Bakri, dan Muhammad bin Khuza‘i.  

Sumber: Darul Ifta al-Mishriyyah

 

Baca Juga :  Benarkah Nabi Muhammad Buta Huruf?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here