Nasihat Nabi kepada Fatimah yang Meminta Pembantu

1
9121

BincangSyariah.Com – Mengurus segala keperluan seisi rumah setiap hari menjadi aktifitas seorang wanita yang telah menjadi ibu rumah tangga. Rasa capek sering kali menghampiri, terlebih jika sudah memiliki buah hati dan tidak memiliki asisten pembantu rumah tangga.

Hal ini pun pernah dialami oleh Fatimah, putri Rasulullah saw. ketika menjadi ibu rumah tangga. Alias setelah menikah dengan Ali bin Abi Thalib.

عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ شَكَتْ إِلَيَّ فَاطِمَةُ مَجْلَ يَدَيْهَا مِنْ الطَّحِينِ فَقُلْتُ لَوْ أَتَيْتِ أَبَاكِ فَسَأَلْتِهِ خَادِمًا فَقَالَ أَلَا أَدُلُّكُمَا عَلَى مَا هُوَ خَيْرٌ لَكُمَا مِنْ الْخَادِمِ إِذَا أَخَذْتُمَا مَضْجَعَكُمَا تَقُولَانِ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَأَرْبَعًا وَثَلَاثِينَ مِنْ تَحْمِيدٍ وَتَسْبِيحٍ وَتَكْبِيرٍ.  رواه الترمذي.

Dari Ali r.a., ia berkata, Fathimah telah mengadu kepadaku tentang kedua tangannya yang capek membuat adonan dari tepuk gandum. Lalu aku berkata, “Jika kamu datang ke bapakmu, maka mintalah pembantu kepadanya.” Lalu Rasulullah saw. bersabda, “Maukah kalian berdua aku tunjukkan sesuatu yang lebih baik untuk kalian dari pada seorang pembantu?, jika kalian hendak mendatangi kasur kalian, maka ucapkanlah 33 kali tahmid, 33 kali tasbih, dan 34 kali takbir.” (HR. At-Tirmidzi).

Riwayat tersebut mengajarkan kepada kita tentang nasihat Nabi saw. kepada putrinya Fathimah r.a. yang mengeluh kecapean telah mengurus pekerjaan rumah tangga. Dan ia meminta pembantu kepada beliau. Namun, beliau justru memberikan solusi yang lebih berharga daripada memberinya seorang pembantu.

Yakni secara tidak langsung Rasulullah saw. menyuruh Fathimah r.a. untuk bersabar dan mengganti keluhannya dengan berdzikir kepada Allah swt. sebelum ia tidur. Biarlah Allah swt. yang memberikan kekuatan kepadanya meskipun tanpa kehadiran pembantu. Maka, jika setiap akan tidur diisi dengan berdzikir kepada Allah swt. dengan memujiNya, niscaya hati terasa lapang. Semua yang terjadi dipasrahkan kepadaNya, maka ketika bangun tidur pun akan lebih merasa tenang.

Demikianlah nasihat Nabi saw. kepada Fatimah yang meminta pembantu agar bertasbih, bertahmid dan bertakbir sebelum tidur, karena hal itu lebih baik dari pada seorang pembantu. Maka, nasihat Nabi saw, tersebut bisa kita amalkan agar badan kita tidak terasa capek ketika bekerja seharian. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

100%

1 KOMENTAR

  1. […] ‘alaihi wa sallam (Fatimah az-Zahra) dalam prakteknya tidak dipoligami. Juga diberikan yang lebih baik dari pembantu ketika meminta seorang pembantu. Namun dasarnya bukan karena benci sunnah, melainkan dalil yang […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here