Nasehat Sayyidina Ali untuk Orang yang Mendapatkan Cobaan dan Ujian

0
1049

BincangSyariah.Com – Dikisahkan seorang arab badui (arab pedusunan) datang menemui Saydina Ali ibn Abi Thalib sembari berkeluh-kesah, “Wahai Amirul Mukminin, aku sedang diuji oleh Allah Swt, ajarkanlah kepadaku sesuatu yang dapat menghilangkan ujian ini dari diriku!”

Lalu Saydina Ali menjawab, “Wahai pemuda, badai pasti berlalu. Setiap cobaan pasti akan berakhir. Usahamu untuk menghilangkan cobaan tersebut tidak akan ada artinya selama Allah masih menginginkannya, bahkan usahamu itu malahan akan menambah berat ujian tersebut.

Allah pernah berfirman dalam Surah Al-Zumar ayat ke-38, “Jika Allah hendak mendatangkan bencana kepadaku, apakah mereka mampu menghilangkan bencana itu, atau jika Allah hendak memberi rahmat kepadaku apakah mereka dapat mencegah rahmat-Nya.? Katakanlah : Cukuplah Allah bagiku, kepada-Nyalah orang-orang yang bertawakkal berserah diri”.

Oleh sebab itu, minta pertolonganlah hanya kepada Allah dan bersabarlah! Perbanyaklah istighfar, karena sesungguhnya Allah telah menjanjikan kebaikan untuk mereka yang selalu bersabar sebagaimana firman-Nya dalam Surah al-Nur ayat ke-10-12.

Ketika mendengarkan nasehat tersebut, pemuda itu pun tersadar dan langsung pamit untuk pulang ke negerinya. Pada saat bersamaan Saydina Ali pun langsung bersenandung, “Jika tidaklah karena pertolongan Allah terhadap seseorang, niscaya hal pertama yang akan dia andalkan hanyalah usaha dirinya sendiri”.

[Diterjemahkan langsung dari kitab Alf Qisshah wa Qisshah karya Hani al-Hajj, hal 346-347]

 

Baca Juga :  Sejarah Pengangkatan Khalifah Abu Bakar al-Shiddiq

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.