Nama Lain Malam Nisfu Sya’ban

0
2712

BincangSyariah.Com – Sebagian ulama’ menyebutkan beberapa nama lain dari malam Nisfu Sya’ban. Tentu nama-nama ini menunjukkan bahwa malam Nisfu Sya’ban kedudukannya sangat mulia. Seperti halnya Alquran, memiliki banyak nama yang menunjukkan kemuliaannya. Bahkan Abu al-Khair al-Thalaqani menyebutkan nama-nama lain dari malam Nisfu Sya’ban ini mencapai 22 nama.

Sebagaimana disebutkan Sayyid Muhammad bin Abbas al-Maliki dalam kitabnya Ma Dza fi Sya’ban, sebagian di antara nama-nama tersebut sebagai berikut;

Pertama, al-lailatul mubarakah. Arti dari nama ini sendiri adalah malam yang diberkahi. Disebut demikian karena malam Nisfu Sya’ban mengandung banyak keberkahan karena para malaikat pada malam tersebut mendekat pada manusia.

Kedua, lailatul qismah. Nisfu Sya’ban adalah malam ditentukannya takdir seluruh manusia, mulai dari rizki, kesehatan, kematian dan lain sebagianya. Lailatul al-qismah sendiri artinya malam pembagian, pembagian rizki dan pembagian takdir.

Ketiga, lailatut takfir. Dinamakan demikian, sebagaimana disebutkan oleh al-Imam Taqiyud Din as-Subki, karena malam Nisfu Sya’ban menghapus dan menggugurkan dosa setahun. Sedangkan malam Jumat menghapus dosa seminggu dan malam lailatul qadar menghapus dosa seumur hidup.

Keempat, lailatul ijabah. Nama ini artinya malam dikabulkannya doa, karena malam Nisfu Sya’ban termasuk sebagian malam yang dijamin doa seseorang akan diijabah oleh Allah. Diriwayatkan dari Abdullah Ibn Umar Ibn al-Khattab, dia berkata;

خَمْسُ لَيَاٍل لَا يَرُدُّ فِيْهِنَّ الدُّعَاءُ: لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ ، وَأَوَلَ لَيْلَةٍ مَنْ رَجَبَ ، وَلَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ ، وَلَيْلَتَا الْعِيْدِ.

Artinya: “Ada lima malam di mana doa tidak akan ditolak, yaitu  malam jum’at, malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya’ban, dan dua malam hari raya (Idul fitri dan Idul adlha).
Kelima
, lailatul hayah wa lailahidil malaikah.

Arti nama ini adalah malam kehidupan dan malam lebaran malaikat. Abu Abdillah Thahir bin Muhammad bin Ahmad al-Haddadi menjelaskan, manusia di bumi mempunyai dua hari lebaran, yaitu ‘Id al-Fitri dan ‘Id al-Adha. Sedangkan malaikat di langit mempunyai dua malam lebaran, yaitu malam Nisfu Sya’ban dan malam lailatul qadar.

Keenam, lailatus syafa’ah. Abu Mansur Muhammad bin Abdillah al-Hakim al-Naisaburi dan ulama’ lain menyebut malam Nisfu Sya’ban dengan lailatus syafa’ah, malam diturunkannya syafa’at.

Baca Juga :  Kisah Nabi Muhammad SAW Menyikapi Rasa Cemburu Istrinya

Ketujuh, lailatul al-ghufran. Dinamakan demikian karena pada malam Nisfu Sya’ban dosa-dosa seseorang yang bertaubat dijamin akan diampuni oleh Allah. Dan juga malam Nisfu Sya’ban adalah malam pembebasan dari api neraka.

Inilah sebagian nama-nama lain dari malam Nisfu Sya’ban. Dari nama-nama ini menunjukkan bahwa malam Nisfu Sya’ban memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan yang selayaknya diperhatikan oleh semua orang yang beriman kepada Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here