Nama Asli Abu Lahab Paman Nabi

1
28

BincangSyariah.Com – Di antara paman Nabi Saw adalah Abu Lahab. Ia adalah saudara ayah Nabi Saw, Abdullah. Nama asli Abu Lahab adalah Abdul ‘Uzza bin Abdul Muthalib. Silsalah nasabnya secara lengkap adalah; Abdul ‘Uzza bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah Ka’ab bin Luay bin Fihr bin Malik bin Al-Nadhar bin Kinanah.

Abdul ‘Uzza kemudian lebih dikenal dengan nama kunyahnya, yaitu Abu Lahab, dibandingkan nama asli Abu Lahab. Menurut para ulama, setidaknya ada tiga sebab mengapa Abdul ‘Uzza memiliki nama Abu Lahab dan lebih dikenal dengan nama tersebut.

Pertama, Abdul ‘Uzza diberi nama Abu Lahab karena wajahnya sangat tampan seperti menyala-nyala.

Kedua, Abdul ‘Uzza memiliki nama panggilan Abu Lahab sebagai isyarat bahwa dia akan dibakar oleh api yang menyala-nyala.

Ketiga, nama Abu Lahab bukan nama kunyah melainkan nama laqab atau panggilan. Hal ini karena Abdul ‘Uzza wajahnya sangat tampan sehingga digelari nama Abu Lahab.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab ‘Umdatul Qari Syarh Shahih Al-Bukhari berikut;

فإن قيل ما وجه تكنية أبي لهب؟ أجيب بأجوبة الأول: أن وجهه كان يتلهب جمالا فجعل الله ما كان يفتخر به في الدنيا ويتزين به سببا لعذابه . الثاني: للإشارة إلى أنه سيصلى نارا ذات لهب. الثالث: أن اسمه عبد العزى وكنيته أبوعتبة وأما أبو لهب فلقب لقب به لجماله وليس بكنية

Artinya:

Jika dikatakan; Kenapa (Abdul ‘Uzza) memiliki nama kunyah Abu Lahab? Maka bisa dijawab dengan beberapa jawaban. Pertama karena wajahnya menyala-nyala sebab tampan. Allah menjadikan dia tampan agar dia bisa berbangga di dunia dengan ketampanannya tersebut, namun kelak hal itu menjadi sebab dia disiksa.

Kedua sebagai isyarah bahwa dia akan dibakar oleh api yang menyala-nyala. Ketiga, nama aslinya adalah Abdul ‘Uzza dan nama kunyahnya adalah Abu ‘Utbah. Adapun nama Abu Lahab adalah nama panggilan atau laqab karena dia sangat tampan sehingga dijuluki Abu Lahab, dan bukan nama kunyah. Wallahu a’lam.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here