Nabi Hanya Empat Kali Disebut dengan Namanya “Muhammad” di dalam Al-Qur’an

16
7510

BincangSyariah.Com – Syekh Wahbah Az-Zuhaili di dalam kitab At-Tafsir Al-Munir menjelaskan bahwa Nabi saw. disebut oleh Allah swt. di dalam Al-Qur’an dengan namanya “Muhammad” hanya empat kali saja. Sementara itu, di ayat-ayat lainnya beliau disebutkan dengan sifat “Rasul atau Nabi”. Adapun empat tempat/ayat disebutnya Nabi saw. dengan namanya “Muhammad” adalah sebagai berikut.

Pertama: Q.S. Ali ‘Imran/3: 144

وَمَا مُحَمَّدٌ اِلَّا رَسُوْلٌۚ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِ الرُّسُلُ ۗ اَفَا۟ىِٕنْ مَّاتَ اَوْ قُتِلَ انْقَلَبْتُمْ عَلٰٓى اَعْقَابِكُمْ ۗ وَمَنْ يَّنْقَلِبْ عَلٰى عَقِبَيْهِ فَلَنْ يَّضُرَّ اللّٰهَ شَيْـًٔا ۗوَسَيَجْزِى اللّٰهُ الشّٰكِرِيْنَ

Dan Muhammad hanyalah seorang Rasul; sebelumnya telah berlalu beberapa rasul. Apakah jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barangsiapa berbalik ke belakang, maka ia tidak akan merugikan Allah sedikit pun. Allah akan memberi balasan kepada orang yang bersyukur.

Kedua: Q.S. Al-Ahzab/33: 40

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ اَبَآ اَحَدٍ مِّنْ رِّجَالِكُمْ وَلٰكِنْ رَّسُوْلَ اللّٰهِ وَخَاتَمَ النَّبِيّٖنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا

Muhammad itu bukanlah bapak dari seseorang di antara kamu, tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para nabi. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Ketiga: Q.S. Al-Fath/48: 29

مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللّٰهِ ۗوَالَّذِيْنَ مَعَهٗٓ اَشِدَّاۤءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاۤءُ بَيْنَهُمْ تَرٰىهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَّبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنَ اللّٰهِ وَرِضْوَانًا ۖ سِيْمَاهُمْ فِيْ وُجُوْهِهِمْ مِّنْ اَثَرِ السُّجُوْدِ ۗذٰلِكَ مَثَلُهُمْ فِى التَّوْرٰىةِ ۖوَمَثَلُهُمْ فِى الْاِنْجِيْلِۚ كَزَرْعٍ اَخْرَجَ شَطْـَٔهٗ فَاٰزَرَهٗ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوٰى عَلٰى سُوْقِهٖ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيْظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ ۗوَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ مِنْهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا

Muhammad adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia bersikap keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu melihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridaan-Nya. Pada wajah mereka tampak tanda-tanda bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka (yang diungkapkan) dalam Taurat dan sifat-sifat mereka (yang diungkapkan) dalam Injil, yaitu seperti benih yang mengeluarkan tunasnya, kemudian tunas itu semakin kuat lalu menjadi besar dan tegak lurus di atas batangnya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan di antara mereka, ampunan dan pahala yang besar.

Keempat: Q.S. Muhammad/47:2

Baca Juga :  Nilai-Nilai Islam dalam Serat Wedhatama karya Sri Mangkunegara IV

وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَاٰمَنُوْا بِمَا نُزِّلَ عَلٰى مُحَمَّدٍ وَّهُوَ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّهِمْ ۚ كَفَّرَ عَنْهُمْ سَيِّاٰتِهِمْ وَاَصْلَحَ بَالَهُمْ

Dan orang-orang yang beriman (kepada Allah) dan mengerjakan kebajikan serta beriman kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad; dan itulah kebenaran dari Tuhan mereka; Allah menghapus kesalahan-kesalahan mereka, dan memperbaiki keadaan mereka.

Demikianlah empat tempat/ayat disebutnya Nabi saw. dengan namanya “Muhammad” Wa Allahu A’lam bis Shawab.

16 KOMENTAR

  1. Oke…lalu yg nulis ayat ayat diatas itu jadinya siapa?? dan kalimat2 nya atas pemikiran siapa.? kalau dr Allah sangatt tidak mungkin karena jelas disitu ditulis : sesungguhnya muhamad hanyalah utusan Allah…Allah akan menghapus dosa dosa mereka… artinya dsni org lain dong yg bicara bukan Allah yahh ??? disini jelas banget ada seseorang yg sedang berbicara tentang muhamad dan allah.. atw jgn2 ayat ini bikinan muhamad itu sendiri ? jujur sj sy penasaran dan spt nya akan murtad

  2. Yesus itu disunat,di kafan,juga gak makan babi….akankah kau melakukan yang yesus lakukan???jawabanya tidak kau melakukan apa yang paulus katakan,,,dan kamu mengatakan kamu pengikut Yesus…hahahha

  3. Jangan kamu mempelajari al,qur’an sepenggal2 karena saya dulu mempelajari sepenggal2 akhirnya saya pelajari dari semua kitab yang diturunkan itu masing 2 ada nabi yang membawa kitabnya masing2.
    Ternyata dari nabi adam sampai nabi muhammad adalah semua nabi yang.turun adalah utusan allah dan agamanya islam.
    Dan agama yang turun ke bumi hanya ada satu yang diakui.allah adalah agama islam.
    Inna didnah indallahi islam, agama yang baik itu adalah islam.

    Jadi al,qur’an itu dipelajari baik baik agar kamu mendapat hidayah.
    Sekarang banyak orang mau mengutak ngatik al,qur’an.
    Contoh ada orang mempeetanyakan nabi terakhir itu bukan muhammad,tapi adalah ahmad,mengacu kepada surah al,baqara ayat 6/146.
    Dan disurah an,nur beda disitu ada menyebutkan muhammad tentang bagaimana nama.yang dimaksud di sebut muhammad.

    Dan adapun kata ahmad yaitu adalah bahasa arramah dan bahasa arabnya adalah muhammad
    Bedah lagi bahasa persia.

    Jadi kita pelajari dulu yang benar2 kalau setengah itu yang jadi sesat akhirnya jadi murtad
    Allah tidak pernah memaksakan ummatnya untuk murtad,karena di qur’an sudah disebutkan di surah al kafirun bagimu agamamu dan bagiku agamaku..

  4. jujur…secara logika dalam ayat ayat tersebut menjelaskan bahwa nabi Muhammad mendapat penjelasan dari Allah tentang Muhammad…jadi gak heran bila kaum sufi mendalami hal Muhammad tidak sebagai Sosok peribadi melainkan sebagai Nur Allah….
    saudara Anonim benar logikanya….

  5. Kafir yg menuduh ada org lain yg menulis al Quran bukan dari Allah merujuk pd QS. Al Imran 144 diatas, sy sarankan anda belajar lagi ttg sifat dan gaya penulisan al Qur’an supaya tdk gagal paham dan malu-maluin, jangan sok tahu kitab agama islam, dan mau menyamakan tata bahasa dan gaya penulisan alkitab yg sangat jelas sekali bercampur firman Allah dan perkataan manusia shg menandakan karangn 4 manusia penginjil

  6. Anonim , ABDOLUTLY RIGHT yg ayat yg ada nama muhammad itu perkataan ORANG ENTAH BERENTAH , bukan perkataan langsung dari Allah

  7. Maaf sblm nya saya bekas muslim , saya pun yakin bahwa tulisan dalam Alquran bukanlah dr Allah melainkan sosok pemikiran dr manusia. Ayat demi ayat nya kental sekali merujuk kesana, sebagai contoh Apabila ayat tsb benar dr Allah sangatlah tdk mungkin seorang tuhan bersumpah demi ciptaan nya sendiri contohnya : Dan allah bersumpah Demi Bulan dan Bintang… Demi matahari dll nya… Jika itu adalah Allah kenapa banyak sekali ayat yg menunjuk Allah justru sebagai objek? spt ayat diatas itu jelas yg bicara adalah manusia, masa tuhan menyebut nama nya sendiri disitu ..

  8. Ada kesalahan literal yg anda baca kawan… Jika anda benar sudah baca kitab lain maka anda akan temukan sosok yg seharusnya bukan muhamad sebagai nabi terakhir, dikitab lain justru memperingatkan akan datang nabi nabi palsu setelah jaman taurat dan injil… didalam alkitab yg seharus nya datang itu sosok yg serupa dgn adam dan isa / yesus yg sama sama memiliki roh dari Allah… artinya sosok yg memiliki sifat Allah..sdangkan muhamad tidak sama sekali, dia manusia murni… ini mungkin petunjuk kenapa muhamad hanya 4 kali disebut dalam Alquran… dan Titel saw itu tdk pernah ada didalam Alquran, yg ada hanya muhamad bin abduloh anak dr siti Aminah… Nubuat dalam alkitab dan taurat nama nya bukan muhamad tp Ahmad, Nama tdk akan pernah berubah… Asep tidak akam berubah jadi steven walau dibawa ke negara lain akan tetap nama nya adalah asep , krn nama itu adalah identitas… dan apabila sejarah nya tdk sama maka ada yg salah didalam cerita sejarah yg tertulis Alquran..

  9. Yesus dengan tegas mengatakan itu bukan Tuhan:

    • Yohanes, 20:17 à “Aku akan pergi ke Bapaku dan Bapamu, Allahku dan Allahmu.”
    • Yohanes, 8:54 à “Jika aku memuliakan diriku sendiri, maka kemuliaanku sedikitpun tidak ada artinya. Bapa / Allah-kulah yang memuliakanku. ”
    • Matius, 18:19 à “Permintaan mereka akan dikabulkan oleh Bapa / Allah-ku di sorga.”
    • Markus, 10:18 à “Mengapa kau bilang aku baik? Tidak ada yang baik selain Allah. ”
    • Matius, 7: 21à “Bukan setiap orang yang berseru kepadaku Tuhan, Tuhan! Akan masuk kerajaan sorga. Melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa / Allah-ku disorga. ”
    • Lukas, 18:19 à “Kenapa kau bilang aku baik? Tidak ada yang baik selain Allah. ”
    • Matius 19-17 à “Hanya Satu yang baik … turutilah meminta Allah.”
    • Semua yang tidak mengakui sebagai Tuhan, ia tidak pantas disebut sebagai Tuhan.
    • Karena Tuhan pasti menyebut diri-Nya sebagai Tuhan: Im 19:31 & Ya 43:11.

    Yesus dengan tegas mengatakan bahwa Allah adalah Tuhan yang Esa / Satu (bukan tiga), yaitu Allah Tuhannya Yesus dan Tuhannya alam semesta:
    • Matius, 4:10 à “Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu dan hanya untuk Dia sajalah yang bisa berbakti.”
    • Matius, 23: 8 à “Hanya satu Rabimu.”
    • Markus, 12:29 à “Tuhan Allah kita, Tuhan itu Esa.”
    • Markus, 12:32 à “Tidak ada yang lain kecuali Dia (Allah).” = Laa Ilaaha Illallah
    • Lukas, 10:21 à “Ya Tuhan, Tuhan langit dan bumi.”
    • Yohanes, 5:44 à “Allah Yang Esa.”
    • Yohanes, 17: 3 à “Mereka kenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar.”
    • Semua yang lebih dari satu, tidak pantas disebut sebagai Tuhan karena Tuhan Maha Satu. Laa Ilaaha illallah (Tiada tuhan selain Allah), senada dengan:
    ü Allah adalah Tuhan yang Esa / Satu: Ulangan, 4:35
    ü Allah adalah Tuhan yang Esa / Satu: Ulangan, 6: 4
    Allah adalah nama Tuhan untuk selama-lamanya (bukan Yesus): Keluaran, 3:15
    ü Laa Ilaah Illallah (Tiada tuhan selain Allah): Yesaya, 46: 9.

    Yesus berkata bahwa Tuhan / Bapa / Allah ada di sorga (bukan Yesus yang ada di bumi):
    • Matius, 23: 9 à “Janganlah kamu menyebut Bapa, Allah di bumi ini, karena hanya ada satu Bapa / Allah-mu, yaitu Dia yang di sorga. ”
    • Matius, 6: 9 à “Bapa / Allah kami yang di sorga.”
    • Matius, 5:48 à “Bapa / Allahmu yang di sorga sempurna.”
    • Matius, 10:32 à “Di depan Bapa / Allah-ku yang di sorga.”
    • Matius, 12:50 à “Bapa / Allah-ku yang di sorga.”
    • Matius, 15:13 à “Bapa / Allah-ku yang di sorga.”
    • Matius, 16:17 à “Bapa / Allah-ku yang di sorga.”
    • Yohanes, 6: 32-33 à “Bapa / Allah-Ku yang memberi kamu roti dari sorga.”
    • Matius, 18:10 à “Bapa / Allah-ku yang di sorga.”
    • Matius, 18:19 à “Bapa / Allah-ku yang di sorga.”
    • Matius, 7: 21-23 à “Bapa / Allah-ku yang di sorga.”
    • Semua yang ada di bumi adalah ciptaan Allah dan tidak pantas disebut sebagai Tuhan:
    ü Kejadian, 1 & 2 à “Allah menciptakan langit dan bumi.”
    ü Lukas, 10:21 à “Bapa / Allah, Tuhan langit dan bumi.”
    • Tuhan memang tidak dapat dilihat di bumi oleh manusia biasa:
    ü Yohanes, 1:18 à “Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah.”
    ü 1Timotius, 6:16 à “Dan memang manusia tidak dapat melihat Dia / Allah.”
    ü Kel 19:24 à “Rakyat tidak boleh menghadap Tuhan, jangan dilanda-Nya.”
    ü Kel 20:19 à “Janganlah Allah berbicara dengan kami, nanti kami mati.”
    ü Kel 33: 20-23 à “Tidak ada orang yang memandang Aku bisa hidup.”

    Yesus mengatakan bahwa ia hanya seorang Rasul / Nabi / Pemimpin Tuhan / pemimpin:
    • Yohanes, 12:49 à “Bapa / Allah yang mengutus aku.” = Rasulullah.
    • Matius, 15: 24-26 à “Aku diutus hanya untuk … umat Israel.” = Rasulullah.
    • Yohanes, 17: 3 à “Yesus yang memiliki Engkau (Allah) utus.” = Rasulullah.
    • Matius, 10:40 à “Dia / Allah yang mengutus aku.” = Rasulullah.
    • Matius, 23:10 à “Hanya satu pemimpinmu yaitu Mesias.” = hanya Pemimpin umat.
    • Markus, 6: 4-6a à “Yesus berkata bahwa dia hanya seorang Nabi.” = Nabi Allah.
    • Lukas, 4:18 à “Dia / Allah yang telah mengutus aku.” = Rasulullah.
    • Lukas, 4:24 “Yesus mengatakan itu hanya seorang Nabi.” = Nabi Allah.
    • Lukas, 4:43 à “Untuk dimana aku diutus.” = Rasulullah.
    • Lukas, 7:16 à “Yesus membenarkan orang yang mengatakannya hanya Nabi.”
    • Lukas, 7:39 à “Yesus diam saja, orang kompilasi menyebut hanya seorang Nabi.”
    • Lukas, 9:48 à “Dia / Allah yang mengutus aku.” = Rasulullah.
    • Lukas, 10:16 à “Dia / Allah yang mengutus aku.” = Rasulullah.
    • Yohanes, 4:34 à “Dia / Allah yang mengutus aku.” = Rasulullah.
    • Yohanes, 4:44 à “Yesus bersaksi bahwa dia hanya seorang Nabi.” = Nabi Allah.
    • Yohanes, 4:19 à “Yesus membenarkan wanita yang mengaku percaya hanya Nabi.”
    • Yohanes, 6:38 à “Dia / Allah yang telah mengutus aku.” = Rasulullah.
    • Yohanes, 6:39 à “Dia / Allah yang telah mengutus aku.” = Rasulullah.
    • Yohanes, 6:57 à “Bapa / Allah mengutus aku.” = Rasulullah.
    • Yohanes, 7:16 à “Dia / Allah yang telah mengutus aku.” = Rasulullah.
    • Yohanes, 7:33 à “Dia / Allah yang telah mengutus aku.” = Rasulullah.
    • Yohanes, 8:29 à “Dia / Allah yang telah mengutus aku.” = Rasulullah.
    • Yohanes, 8:18 à “Bapa / Allah yang mengutus aku.” = Rasulullah.
    • Yohanes, 9: 4 à “Dia / Allah yang mengutus aku.” = Rasulullah.
    • Yohanes, 11:42 à “Engkaulah (Allah) yang mengutus aku.” = Rasulullah.
    • Yohanes, 17: 6-9 à “Engkaulah (Allah) yang telah mengutus aku.” = Rasulullah.
    • Semua yang diutus Tuhan adalah hamba Tuhan: Mat 12:17 & Kis 4:27.
    • Hamba Tuhan tidak layak disebut sebagai Tuhan: Mat 19:17 & Luk 18:18 & Markus 10:18.
    Nah semua dalil yg menunjukkan bahawa Yesus bukan Tuhan, dan Tuhan tidak akan sama dengan manusia

  10. Klo Quran buatan manusia apa kabar dgn Genesis/Beresit/kejadian? Bukan kah klau kalian baca itu seperti kisah jaman dulu/cerita jmn dulu?
    Contoh : “Pada mulanya Allah menciptakan Langit dan bumi” Kejadian 1:1
    Toh sama juga kan kyk penjelasan ayat Quran yang membawa nama Tuhan di dalaamnya, karena Tuhan ingin mengenalkan diri Nya pada hambanya biar tidak tersesat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here