Mimpi Menikah, Apa Maknanya?

54
308871

BincangSyariah.Com – Sebagaimana yang telah kami jelaskan pada artikel sebelumnya tentang “mimpi dipatok ular”, bahwa mimpi yang benar itu ada dua macam; pertama adalah mimpi benar yang tidak membutuhkan penafsiran karena telah jelas tergambar dalam mimpi; dan kedua adalah mimpi yang membutuhkan penafsiran karena ia mengandung makna lain di luar yang dilihat dalam mimpi. Jenis mimpi yang kedua ini adakalanya ia berupa simbol-simbol tertentu, seperti mimpi bertemu binatang, benda, tempat atau bahkan seseorang.

Mimpi menikah adakalanya merupakan mimpi benar yang akan terjadi dalam kehidupan kita dalam artian dia akan benar-benar menikah, adapula hanya sebatas simbol yang memiliki arti lain di luar yang digambarkan di dalam mimpi.

Menurut Ibnu Sirin, orang yang bermimpi dan mendapati dirinya sendiri sedang menikahi anak perempuan seorang syekh (guru) yang tidak ia kenali, atau saudara perempuan syekh yang tidak ia kenali, maka artinya dia akan memeroleh kebaikan atau keberuntungan yang banyak. Seorang syekh yang tidak dikenal dalam mimpi adalah perwujudan dari “kesungguhan orang yang memiliki mimpi”, bagi Ibn Sirin itu artinya seseorang yang akan menikahi anak perempuan syekh tersebut adalah simbol bahwa dia akan memeroleh hasil dari kesungguhannya di dunia nyata.

lakum dinukum

Dalam Mu’jam Tafsir al-Ahlam, sebuah kitab kompilasi tafsir mimpi antara penafsiran mimpi Muhammad Ibn Sirin dan ‘Abdul Ghani al-Nabulsi, digambarkan banyak sekali model orang bermimpi tentang pernikahan (al-ziwaj). Seseorang yang bermimpi tentang pernikahan, menurut al-Nabulsi adalah simbol dari hadirnya kepedulian Allah terhadap orang yang bermimpi. Atau adakalanya ia berarti simbol keluarga, agama, kegelisahan, kegundahan, tanggung jawab, atau kedudukan yang tinggi.

Jika seseorang bermimpi menikahi seorang perempuan yang ia kenal, maka ia akan segera menerima tanggung jawab yang sanggup ia kerjakan. Sebaliknya, jika perempuan dalam mimpi tersebut tidak ia kenali, maka ia akan menanggung beban yang ia merasa tidak kuasa menanggungnya (seperti kematian).

Baca Juga :  Keistimewaan Nabi Yahya dan Nabi Isa, Selamat dari Tiga Momen Mengerikan Ini

Mimpi menikah juga merupakan simbol dari pekerjaan atau mata pencaharian. Jika seseorang bermimpi bahwa dia menikahi seorang perempuan dan perempuan tersebut meninggal dunia, maka menurut al-Nabulsi dia akan menekuni sebuah profesi atau tengah menekuni sebuah profesi dan ia tidak akan memeroleh apapun selain rasa payah dan gundah. Demikian pula jika ia bermimpi menikahi empat orang perempuan, maka maknanya adalah bahwa dia akan memeroleh tambahan dari hasil usahanya.

Apabila seseorang bermimpi menikahi seorang perempuan padahal dia sudah memiliki seorang istri atau lebih, maka hal ini menunjukkan bahwa dia akan mendapatkan kebaikan atau kekuasaan. Kebaikan atau kekuasaan tersebut tergantung kepada perempuan yang dia lihat di dalam mimpinya, semakin cantik perempuan di dalam mimpinya atau semakin baik perangai perempuan tersebut, maka semakin bagus pula kebaikan dan kekuasaan yang akan dia peroleh.

Dari beberapa penafsiran ulama terkait mimpi menikah, hampir kesemuanya menyebut bahwa mimpi menikah adalah simbol yang perlu ditafsirkan dan tidak menunjukkan arti sesungguhnya bahwa seseorang akan menikah, namun tidak menutup kemungkinan itu akan terjadi. Mimpi menikah bisa berarti seseorang akan menerima kebaikan, kekuasaan, tanggung jawab, pekerjaan, kegalauan dan lain sebagainya.

Sekali lagi mimpi dalam Islam sangat dihargai, bukan suatu hal yang tabu untuk diperbincangkan. Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa mimpi adalah adalah satu bagian dari 46 bagian kenabian. Dari sahabat ‘Ubadah bin Shamit, Rasulullah saw bersada:

رُؤْيَا الْمُؤْمِنِ جُزْءٌ مِنْ سِتَّةٍ وَأَرْبَعِينَ جُزْءًا مِنَ النُّبُوَّةِ.

“Mimpi seorang mukmin adalah satu dari 46 bagian kenabian.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan lain sebagainya)

Semoga informasi ini bermanfaat dan mencerahkan. Wallahu a’lam.

54 KOMENTAR

  1. Kalau saya mimpi bernikah dengan budak kecil yang tak dikenali apa yang jadi dan kalau ia buruj apa yang harus saya lakukan?

  2. Sya di impikan dgn ank saya menikah dgn mantan sya didlm mimpi itu ank sya melihat bahagia menikah dgn si dia sya dibahagiakan dan menjadi org sukses krna dia pengusaha

  3. Pertama istri saya mimpi tentang saya,,dlm mimpitu saya di lihatnya nikah lgi sama gadis lain,,
    Yg kedua orang tua perempuan saya gitu jugak,,ibu saya juga mimpi tentang saya nikah lgi sama gadis aceh,,,
    Apa makna dari mimpi tersebut…?

  4. Saya sehari mimpi 2x. Waktu tengah malam Dan pagi hari biasanya gak pernah bermimpi berulang. Saya mimpi menikah dengan saudara sepupu laki2 dari mamah saya, saya menerima pernikahan ITU lalu terjadi pernikahan setelah selesai pernikahan saya menyesal Dan meminta menyudahinya sambil menangis. Lalu saya menikah lagi dengan laki2 yang saya cintai. Apakah itu mimpi baik atau buruk pada saya? Mohon pencerahan nya

    • Kenapa mimpi kita sama?? Baru semalam saya mimpi seperti ini makanya saya mencari cari jawaban di google

  5. Tolong jlskn p arti mimpi soalnya q bermimpi dgn lelaki yg q g knl trs pasangnku menghadirinya tpi q pergi dari pernikahan itu apakh itu bertanda kebaikn aminn

  6. Tolong jlskn p arti mimpi soalnya q bermimpi dgn lelaki yg q g knl trs pasangnku menghadirinya tpi q pergi dari pernikahan itu apakh itu bertanda kebaikn aminn

  7. E…gimana ya, bingung padahal masih remaja udh mimpi menikah, tapi menikahnya sama orang yang dikagumi sih,jadi bangga eh malu

  8. Saya berminpi menikahi prempuan tidak sya knal,ampe selsai rafalan apa yah artinya,semoga ga terhadi apa”
    Ammiinn,…

  9. Sya mimpi menikah sama pasangan saya dan pasangan saya juga bermimpi yg sama apakah ini pertanda baik apa buruk tolong jelaskan ……

  10. Saya mimpi mau menikah sama orang yang tidak dikenal/ dijoohkan tapi batal karena riasan saya jelek, dan saya pun membatalkannya, dan si pria yang tidak dikenal pun menangis, apa artinyaa sihhh??? Tolong jawabannya

  11. Saya mimpi mau menikah sama orang yang tidak dikenal/ dijoohkan tapi batal karena riasan saya jelek, dan saya pun membatalkannya, dan si pria yang tidak dikenal pun menangis, apa artinyaa sihhh??? Tolong jawabannya

  12. Saya mau tanya doong saya mimpi menikah namun tidak menggunakan baju pengantin terus banyak yang iri sama kekayaan saya setelah menikah ?? Knpa ya?

  13. Saya mau tanya doong saya mimpi menikah namun tidak menggunakan baju pengantin terus banyak yang iri sama kekayaan saya setelah menikah ?? Knpa ya?

  14. Saya tdi mlm bermimpi menikah lgi dg suami.. Tpi ps ijab kabul saya mlh mnikah sama org lain gk sama suami saya… Ya Alloh smoga tdk trjadi hal2 buruk dlm kehidupan kami, smoga itu hanya bunga tidur, tdk ada makna apa2 Amiiin

  15. Saya bermimpi dengan seseorang yg ahli ibadah dan diberikan keturunan seorang anak laki2…yg ahli ibadah pula
    Apa arti mimpi itu yaa

  16. Saya sekarang dah bergelar seorang isteri dan saya bermimpi saya dipaksa bernikah seorang lagi tanpa pengetahuan suami saya. Pada mulanya saya terpaksa bersetuju tp end up sy batalkan kerana sy sgt sygkan suami saya. Apa maksud mimpi begitu?

  17. Saya mimpi nikah sama kakel yg nda dikenal baru sehari tau namanya besoknya langsung dilamar, beberapa jam kemudian udah ijab Kabul dia pake jas formal saya pake seragam putih Abu pas dial liat dial ganti baju pale seragam juga :v

  18. Saya bermimpi menikah dengan seorang gadis cantik yang tidak di knal tapi dia anak syekh ulama apakah mimpi itu jadi kenyataan ?

  19. Saya mimpi dinikahin paksa, didalam mimpi itu saya lari karna tidak mau dan tidak suka lalu kakak saya memangil saya sambil berteriak

  20. Saya mimpi dinikahin paksa, didalam mimpi itu saya lari karna tidak mau dan tidak suka lalu kakak saya memangil saya sambil berteriak

  21. Nabi saw pernah memberitahukn pd sahabatnya bahwa:jika kalian bermimpi buruk atau dianggap buruk oleh kalian maka bangunlah kalian dari tidur dan langsung meludah kesamping kiri sambil membaca”a’uzubillahiminasyaithonirrojiim” lakukan sampai 3x meludah dan 3x pula membaca do’anya,jika kjadiannya tengah mlm maka anda tidur lagi dan ubah posisi tidur anda yg tadinya menghadap kanan mk slanjutnya menghadap kiri,wallohu a’lam,smoga bermanfaat

  22. Saya bermimpi akan menikah dengan teman saya sendiri dan saya melihat dua teman lain nya menikah juga namun kedua temann saya itu yang stu memang sudah menikah dan yg satunya baru akan menikah.. Ya, baru kali ini saya mimpi seperti itu… Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh aamiin

  23. kalo saya mimpi,di suruh nikah lagi sama suami,karena terlalu banyak tuntutan dari mertua,lalu saya menikah lg dengan orang yang tak di kenal dalam keadaan hamil muda,tp ia baik, ada maknanya kah?atau hanya sekedar bunga tidur.

  24. Saya bermimpi : istri saya menikah lagi dan belum tahu calon suaminya pas pengulu datang dana pak Lebe dia menunujukan bahwa calon suaminya saya , pas istri saya bawa mas kawun atau maharnya membawa sepasang kain kafan lalu saya menangis dan bener” terasa sedih, apakah arti mimpi itu

  25. Saya kan udah menikah yahh tapi semalem saya mimpi menikah lagi tapi dengan suami sayaa … Apa gak akan terjadi sesuatu yaa? Saya takut:(

  26. Saya kan udah menikah yahh tapi semalem saya mimpi menikah lagi tapi dengan suami sayaa … Apa gak akan terjadi sesuatu yaa? Saya takut:(

  27. Saya Mimpi menikah dengan kelak yg tidak saya kenal (dijodohkan Orang tua saya) padahal saya punya Calon sendiri Dan rencana akan Segera menikah. Didalam Mimpi saya bertanya kpd Ibu saya, bu bagaimana dgn Dia Dia pasti marah dgn ku’ Ibu jawab tidak apa2 Dia akan mengerti..
    Didalam Mimpi Aku mmperlakukan suamiku dgn tidak baik, tidak mau brbicara padanya tp dia tetap baik pada ku (tp dalam hati aku mulai menyukainya)
    Dan Aku terbangun Dari Mimpi, Dan Aku lihat jam 04:02
    Apaaa Yaa artinya????

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here