Anda Pernah Mimpi Menangis? Ini Tafsirnya Menurut Ulama

11
30875

BincangSyariah.ComMimpi merupakan sesuatu yang terlihat atau dialami dalam tidur. Ibnu Sirin dalam kitabnya Muntakhabul Kalam fii Tafsiril Ahlam menjelaskan bahwa mimpi terbagi menjadi dua. Mimpi haqq dan mimpi bathil. Mimpi haq adalah mimpi yang dialami oleh seseorang dalam keadaan pembawaan dan cuaca yang stabil, tidur tanpa beban pikiran, tidak sedang berangan-angan sesuatu yang dimimpikan, serta tidak tidur dalam keadaan haid atau junub. Sedangkan mimpi bathil adalah mimpi yang didahului dengan bisikan jiwa, keinginan serta angan-angan akan sesuatu yang dimimpikan dan hal tersebut tidak butuh terhadap penafsiran.

Tidak jarang di antara kita pernah menangis di dalam mimpi. Lantas bagaimana penafsiran mimpi tersebut? Mengutip pendapat Ibnu Sirin bahwa tafsir mimpi menangis adalah sebagaimana berikut.

فحكي عن ابن سيرين أنه قال: البكاء في المنام قرة عين وإذا اقترن بالبكاء النوح والرقص لم يحمد. فإن رأى كأنه مات إنسان يعرفه، وهو ينوح عليه ويعلن الرنة فإنه يقع في نفس ذلك الذي رآه ميتا وفي عقبة مصيبة أو هم شنيع.

“Menangis dalam mimpi  merupakan penyejuk mata, namun apabila tangisnya disertai dengan ratapan atau tarian hal itu tidak baik. Apabila ia bermimpi seakan orang yang ia kenal meninggal dan dia meratapinya serta memperdengarkan suara sedihnya maka orang yang dimimpikan tersebut akan terkena musibah dan ditimpa kesedihan.”

Selain itu dalam kitab tersebut juga dijelaskan bahwa apabila seseorang bermimpi melihat orang-orang meratapi kematian seorang pemimpin, menyobek-nyobek dan menaburkan debu di atas kepalanya maka pemimpin tersebut berbuat zalim dalam pemerintahannya.

Apabila ia bermimpi seorang pemimpin meninggal sedangkan orang-orang di sekitarnya menangis dengan tanpa ratapan dan jeritan maka mereka seakan melihat suatu kebahagiaan yang ada pada pemimpin tersebut. Dan ketika bermimpi seorang pemimpin meninggal dan orang-orang menyebutnya dengan kebaikan-kebaikan maka pemimpin tersebut baik dalam kepemimpinannya.

Baca Juga :  Berapakah Jumlah Sahabat Nabi saw. Itu?

An-Nabulsi juga berpendapat bahwa mimpi menangis yang disertai teriakan, tamparan, memakai baju hitam serta merobek saku menunjukkan kepada kesedihan. Apabila tangis tersebut karena takut kepada Allah, mendengar bacaan al-Quran, penyeselan atas dosa yang telah dilakukan menunjukkan kepada kebahagiaan dan hilangnya kesedihan serta kesusahan serta menunjukkan bukti ketakutan ia kepada Allah.

Mimpi tersebut juga bisa diartikan akan turun hujan bagi tempat yang sudah lama tidak turun hujan. Terkadang mimpi menangis juga diartikan dengan panjang umur serta tambahan ketauhidan jika disertai dengan membaca tasbih atau tahlil sebagaimana ditulis dalam kitabnya Tafsirul Ahlam.

Wallahu Ta’ala A’lam bis Showab.

11 KOMENTAR

  1. Halo saya mau nanya ketika saya mimpi saya melihat ibu saya di marahi oleh Ade saya .dan saya merasa sedih tiba tiba bangun tidur nangis. Apa arti mimpi tersebut

  2. Assalamualikum
    Saya mau bertanya mengenai mimpi menangis karna merasa kasihan pada ayah hingga menangis sampai terbangun dan melaksanakan shalat duha sambil menangis dan bersedih hati terumakasih.
    Email: [email protected]

  3. Assalamualaikum saya mimpi menangis saya memanggil2 ibu kandungku memg sejak lama tidak pernah ktmu lg apakah ini artinya cuma kangen aja ya
    Di tunggu jwbnya y

    • Waalaikumsalam, yg terpenting saat mba Tutut ingat ibunda, didoakan terus ya, diantaranya dengan mengirimkan surah al-Fatihah atau membaca doa untuk kedua orangtua.

  4. Saya mau bertanya,, ini penting mohon di jawab sekarang. Ada Teman saya bermimpi bahwa dia melihat saya duduk di sebuah rumah sambil bersedih

  5. Saya mau bertanya,, ini penting mohon di jawab sekarang. Ada Teman saya bermimpi bahwa dia melihat saya duduk di sebuah rumah sambil bersedih

  6. Saya mimpi menimba air di sumer yg meluber air kebiru biruan setelah itu ku da Poo ati suamu sy menijah lg, sy menangis histeris sambil ngamuk ngamuk menampari kedua nya apa artinya y?

  7. Assalamualaikum
    Saya mau bertanya
    saya bermimpi di marahi ibu saya karna memakan jambu yg mana makanan it tidak di mau dia berikan pada saya dan saya menangis tersedu-sedu dlm mimpi it dan menjawab hanya sebuah jambu bu pelit sekali pertanda ap it tolong di jawab ya?

  8. Assalamualaikum
    Saya mau bertanya. Saya bermimpi menjadi seorang istri lalu di selingkuhi suami saya dan saya juga tidak d oerlakukan baik oleh mertua saya, karna dia lebih memilih selingkuhan suami saya. padahal saya blm menikah dan saya tidak mengenal laki² itu. Saat itu saya hadir di pernikahan seseorang dan melihat suami saya yg mengabaikan saya karna lebih memilih selungkuhannya, dan saya nangis tersedu sedu sampai ke bangun tdr. Apakah ini ada kaitannya dengan pernikahan kaka perempuan saya nnti?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here