Arti Mimpi Keguguran dalam Islam

0
6594

BincangSyariah.Com – Mimpi keguguran bisa dialami siapa pun, baik perempuan maupun lelaki. Perempuan bisa saja mimpi keguguran atas kandungannya sendiri. Sementara itu, lelaki bisa saja bermimpi istri atau saudara perempuannya yang sedang hamil itu mengalami keguguran. Tentu saja dalam kenyataan tidak ada yang berharap hal tersebut terjadi, karena bayi yang ditunggu-tunggu adalah sebuah anugerah yang membuat hati bahagia.

Dalam kitab Muntakhabul Kalam fi Tafsiril Ahlam (hlm 134), Imam Ibnu Sirin menjelaskan mengenai tafsir mimpi keguguran, baik yang mimpi itu lelaki (mengenai istrinya yang keguguran) atau perempuan sendiri yang mimpi keguguran sebagaimana berikut.

من رأى أنه سقط فإنه لا يتم له ما يريده من أمر هو قاصده وكذلك المرأة

Lelaki yang bermimpi bahwa ada seseorang yang mengalami keguguran itu ia tidak akan tercapai apa yang sedang diinginkannya. Ini pun berlaku untuk perempuan.

Ini artinya bermimpi keguguran tidak mesti berkaitan dengan kandungan perempuan. Ini bisa saja berkaitan di luar dengan perempuan hamil. Secara umum, orang yang bermimpi keguguran itu akan terhambat meraih cita-cita yang sedang dituju.

Namun demikian, sebagai Muslim, kita tidak boleh berputus asa. Dalam sebuah syair disebutkan.

ومَنْ تكنْ العُلياءُ همةَ نفسهِ ** فكل الذي يلقاهُ فيها مُحبَّبُ

Barang siapa yang menjadikan kemuliaan adalah tujuan *** Maka semua yang ia hadapi dalam mencapainya adalah kesenangan.

Baca Juga :  Bangun Kembali Salah Satu Pesantren Tertua di Cirebon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here