Sahabat yang Pertama Kali Mewasiatkan Sepertiga Hartanya pada Rasulullah

0
16

BincangSyariah.Com – Dalam kitab-kitab sirah disebutkan bahwa sahabat yang pertama kali mewasiatkan sepertiga hartanya kepada Rasulullah adalah Abu Bisyr Al-Bara’ bin Ma’rur. Dia seorang tokoh Yatsrib atau Madinah, dan berasal dari suku Khazraj, yang memeluk Islam sebelum nabi Hijrah ke Madinah.

Dia wafat pada bulan Shafar, sebulan sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Menjelang wafat, dia meninggalkan beberapa wasiat, di antaranya berwasiat agar hartanya dibagi menjadi tiga bagian. Yaitu sepertiga bagian pertama untuk Rasulullah, sepertiga kedua untuk jalan dakwah, dan sepertiga terakhir untuk anaknya. Rasulallah mengesahkan wasiat tersebut namun beliau menyerahkan kembali harta tersebut kepada ahli warisnya.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Majma’uz Zawaid berikut;

البراء بن معرور بن صخر بن خنسا وهو نقيب وهو أول من أوصى بثلث ماله فأجازه رسول الله صلى الله عليه وسلم

Al-Bara’ bin Ma’rur bi Shakhr bin Khansa. Ia bernama Naqib dan merupakan orang pertama yang mewasiatkan sepertiga hartanya, dan Rasulullah mengesahkannya.

Juga disebutkan dalam kitab Al-Mu’jam Al-Kabir sebagai berikut;

أن البراء بن معرور أوصى النبي صلى الله عليه وسلم بثلث ماله ، يضعه حيث شاء ، فرده النبي صلى الله عليه وسلم على ولده

Sesungguhnya Al-Bara’ bin Ma’rur mewasiatkan sepertiga hartanya kepada Nabi Saw, beliau boleh menggunakannya untuk apa saja, namun Nabi Saw mengembalikan harta tersebut pada anaknya.

Dalam kitab Al-Thabaqat Al-Kubra juga disebutkan sebagai berikut;

أن البراء بن معرور الانصاري كان اول من استقبل القبلة وكان احد النقباء من السبعين فقدم المدينة قبل ان يهاجر النبي صلى الله عليه وسلم فجعل يصلي نحو القبلة فلما حضرته الوفاة اوصى بثلث ماله لرسول الله صلى الله عليه وسلم يضعه حيث شاء

Sesungguhnya Al-Bara’ bin Ma’rur Al-Anshari adalah sahabat yang pertama kali menghadap kiblat, dia termasuk salah satu dari 70 orang yang melakukan bai’at aqabah, kemudian dia pulang ke Madinah sebelum Nabi Saw hijrah ke Madinah, lalu dia shalat menghadap kiblat dan ketika menjelang wafat, dia mewasiatkan sepertiga hartanya kepada Rasulullah untuk digunakan keperluan apa saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here