Empat Tipe Istri yang Mudah Terjerumus ke Neraka

0
463

BincangSyariah.Com – Manusia diciptakan dengan berpasang-pasangan. Laki-laki yang baik akan mendapatkan perempuan yang baik. Demikian perempuan yang baik akan mendapatkan laki-laki yang baik pula.

Dalam mengarungi bahtera rumah tangga, pasangan suami istri akan menempatkan posisinya masing-masing. Seorang suami sebagai kepala rumah tangga bertanggung jawab atas segala kebutuhan keluarganya. Termasuk mendidik dan masih banyak lagi.

Begitu pula perempuan sebagai seorang istri mempunyai kewajiban-kewajiban khusus, seperti taat kepada suami, menjaga martabat suami dan sebagainya.

Walaupun tugas seorang istri terbilang lebih ringan dari seorang suami, potensi perempuan masuk surga cukup gampang. Sebagaiman yang dikatakan dalam kitab Irsyadul Ibad Ila Sabili ar-Rasyad (h-90):

وينبغى للمرأة الخائفة من الله أن تجتهد فى طاعة الله وطاعة زوجها وتطلب رضاه فهو جنتها ونارها.

Dan pantas bagi perempuan yang takut kepada Allah agar bersungguh-sungguh dalam taat kepada Allah dan taat kepada suaminya dan mencari ridonya suaminya maka itulah surga dan nerakanya (perempuan).

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa kunci surga bagi perempuan adalah taat kepada Allah dan taat kepada suami. Selain itu perempuan harus berusaha mendapatkan keridoan suaminya.

Walaupun demikian ternyata ada empat perempuan yang menjadi penghuni neraka. Sebagaimana hadis yang kutip oleh Syekh Zainudin bin Abdul Aziz dalam kitab Irsyadul Ibad Ila Sabili Ar-Rosyad (h-89).

وجاء عنه رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال: أربعة من النساء فى النار إمرأة بذية اللسان على زوجها إن غاب عنها زوجها لم تصن نفسها وإن حضرأذته بلسانها وامرأة تكلف زوجها ما لا يطيق وامرأة لا تستر نفسها من الرجال وتخرج من بينها متبهريه أى متجملة بلبس أفخر ثيابها وامرأة ليس لها إلا أكل والشرب والنوم وليس لها رغبة فى الصلاة ولا فى طاعة الله ولا فى طاعة رسوله ولا فى طاعة زوجها

Baca Juga :  Mencintai Wanita yang Sudah Bersuami, Apa Pandangan Islam?

Dari Rasulullahi SAW beliau bersabda sesungguhnya empat perempuan yang menjadi penghuni neraka (yaitu) perempuan yang mengumbar kejelekan suaminya ketika suaminya tidak ada, dan ketika di depan suaminya ia menyakiti dengan ucapannya, dan perempuan yang menyuruh suaminya untuk melakukan sesuatu yang dia (suaminya) tidak mampu mengerjakannya, dan perempuan yang keluar yang tidak menutup auratnya dari laki-laki lain dan ia bersolek dan mengenakan pakaian yang paling paling megah, dan perempauan yang hanya makan, minum dan tidur tanpa adanya keinginan untuk shalat, taat kepada Allah dan rasulNya dan taat kepada suaminya.

Hadis tersebut menjelaskan bahwa ada empat perempuan (istri) yang menjadi penghuni neraka:

Pertama, perempuan yang suka mengumbar kejelakan suaminya di belakangnya, dan menyinggung perasaan suaminya dengan kata-kata yang tidak pantas.

Kedua, perempuan yang suka menyuruh suaminya di luar kemampuan suaminya.

Ketiga, perempuan yang tidak menutupi auratnya dari pandangan laki-laki lain dan keluar rumah dengan bersolek dan memakai pakaian yang mengundang syahwat para laki-laki.

Keempat, perempuan yang hanya ingin bersenang-senang saja tanpa ada keinginan untuk beribadah, taat kepada Allah dan rasulnya, dan taat kepada suaminya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here