Mengenal Jennifer Grout: Penyanyi Amerika, Ikut Arabs Got Talent, dan Sekarang Masuk Islam

0
252

BincangSyariah.Com – Mungkin secara personal saya pribadi telat mengetahui tentang Jennifer Grout. Ia memang bukan penyanyi Amerika yang sudah terkenal namanya termasuk di Indonesia layaknya Lady Gaga, J-Lo, Demi Lovato, atau Dua Lipa.

Jennifer Grout memang tidak memulai karirnya sebagai penyanyi profesional di Amerika Serikat. Lahir pada 21 Mei 1990 di Mesa, Arizona, Amerika Serikat, ia lahir dari ibu seorang pianis dan ayah seorang pemain biola. Ia sudah belajar dan tertarik dengan musik sejak usia 5 tahun.

Ia meneruskan pendidikan ke McGill University, Montreal, Kanada. Di kampus ini ia kuliah jurusan musik. Dalam catatan mas Ulil Abshar Abdalla, di kampus inilah Grout mulai mencintai lagu-lagu Arab khususnya yang dinyanyikan oleh Fairouz, penyanyi Arab asal Lebanon. Ia pun secara pribadi

Di tahun 2012, setelah lulus dari McGill, ia sempat melakukan liburan musim panas di Maroko. Ia mulai mendapatkan sorotan public setelah mengikuti ajang pencarian bakat Arabs Got Talent di tahun 2013. Ia pun sudah bisa menyanyikan lagu dalam bahasa Arab dan Amazigh (bahasa Asli orang Maroko). Di Arabs Got Talent, ia sampai pada putaran 3 besar. Sejak ikut Arabs Got Talent, ia pun mulai kebanjiran pekerjaan.

Ia membuat keputusan mengejutkan ketika ia menyatakan masuk Islam di tahun 2014, setelah videonya mengucapkan dua kalimat syahadat beredar luas di Internet. Mengutip Gulfnews, di tahun 2014, ia menyatakan belum pernah mendatangi masjid atau seorang Imam untuk mendapatkan sertifikat resmi ia telah beragama Islam. Namun ia telah bersyahadat dalam hati, dan mulai berlatih untuk melaksanakan shalat dan puasa. Ia sempat “takut” ketika orang-orang menyebarkan videonya menyatakan masuk Islam karena ia belum sempat menjelaskan kepada keluarga dan teman-temannya.

Baca Juga :  Wajibkah Mandi Besar bagi Mualaf?

Ketika ditanya apa alasannya untuk masuk Islam, apakah karena ia mengikuti ajang Arabs Got Talent? Jawabannya sebenarnya keputusan itu sudah muncul sebelum ia masuk Arabs Got Talent. Awalnya ia sempat memutuskan untuk menjadi orang yang tidak meyakini agama apapun. Namun, seperti dikutip dari Kumparan, ada seorang pria Maroko yang belakangan menjadi suaminya yang berhasil membuatnya mengetahui dan mengerti tentang Islam. Pria itu bernama Said Zenati. “Dia orang paling berani, gigih, dan penuh kasih sayang. Saya sangat mengaguminya dan ingin membuat hubungan ini berhasil (karena itulah saya menjadi seorang muslim untuk mengetahui dan mengerti tentang Islam). Dengan berusaha memahami dan membuka pikiran saya tentang hal itu, tiba-tiba hal menakjubkan mulai terjadi kepada saya, seperti sebuah kebetulan.”

Selain itu, selama mengikuti Arabs Got Talent, mentor musiknya menyuruhnya untuk mendengarkan Al-Quran sebagai latihan untuk mendpatkan keselarasan dengan semua nuansa Arab saat bernyanyi. Al-Quran dan syair Arab memiliki banyak kesamaan seperti kualitas melodi, ornamen, teknik vokal, maqam, dan bahasa tentu saja. Banyak penyanyi Arab berakar pada pembacaan Quran! … Pembacaan Al-Quran adalah seni tersendiri, dan dapat dihargai oleh siapa saja dan semua orang, Muslim dan Non-Muslim”, tulisnya di caption video ketika ia membaca ayat Kursi yang diunggah di akun Instagram pribadinya.

View this post on Instagram

When I first became interested in Arabic music, my teacher told me to start listening to Quran as an exercise in order to begin getting attuned to all the nuances of Arabic singing; the two have many things in common like their melodious qualities, ornamentations, vocal technique, maqam modulations, and language of course. Many of the great Tarab singers had their roots in Quran recitation! Today in the spirit of jumu3a I’m sharing a recitation of Ayat-u-l kursi as per the style of the great Mohammed Siddiq Al Menshawi. Quran recitation is an art in itself, and can be appreciated by anyone and everyone, Muslims and non Muslims alike, (though it carries another special layer of meaning for the former). Happy Friday 💜 #jennifergrout #tajweed #quran #jumua #menshawi #maqamat #muslimah #femalereciters

A post shared by Jennifer Grout (@jeangrout) on

Setelah menikah dengan Said, ia memiliki seorang anak perempuan bernama Qamar. Ia pun rehat dari dunia hiburan selama beberapa tahun dan baru muncul belakangan ini. Di akhir tahun 2019, ia muncul di Al-Jazeera Arabic membacakan surah al-Fatihah. Sampai hari ini, di akun Instagram-nya ia beberapa kali mengunggah video menyanyikan lagu bahasa Arab bernuansa sufistik atau membaca Al-Quran secara tilawah, dan suaranya indah sekali!

Video terbarunya di media adalah ketika ia diwawancarai oleh trtworld tentang aspek-aspek sufistik ketika ia membaca Al-Quran atau menyanyikan lagu-lagu. Ia menjawab bahwa sufisme sebenarnya bukan sesuatu sekte yang terpisah dari ajaran Islam pada umumnya, ia hanya sebuah cara bagaimana seseorang mendekatkan diri kepada Tuhan dan meraih kesempurnaan tujuan dalam mempraktikkan agama Islam. Sufisme adalah cara bagaimana orang Islam agar dapat melakukan kontemplasi dengan baik. Dan ini sebenarnya dibutuhkan oleh semua orang untuk dapat berpikir lebih jernih dan mengenal diri. Ketika ditanya siapa sufi yang paling menginspirasinya, ia lugas menjawab, “Rumi!”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here