Mengenal Dua Belas Nama Surah Al-Fatihah

1
6876

BincangSyariah.Com – Surah Al-Fatihah merupakan surah istimewa. Betapa tidak, ia menjadi surah yang wajib dibaca di setiap shalat. Surah ini juga menjadi pembuka mushaf Al-Qur’an, sehingga ia dinamakan surah Al-Fatihah yang artinya surah pembuka. Syekh Wahbah Az Zuhaili di dalam kitab At-Tafsir Al Munir mengutip pendapat imam Al-Qurthubi yang menyebutkan bahwa surah Al-Fatihah memiliki 12 nama sebagai berikut.

Pertama. As-Shalah. Hal ini didasarkan pada hadis qudsi, Allah swt berfirman:

«قسمت الصلاة بيني وبين عبدي نصفين»

Aku bersumpah Al-Fatihah (ini) antara aku dengan hambaKu dua bagian. (HR. Muslim)

Kedua. Al-Hamdu. Hal ini disebabkan karena di dalam surah Al-Fatihah disebutkan kata Al-Hamdu (segala pujian).

Ketiga. Fatihatul Kitab (pembuka kitab). Hal ini disebabkan karena surah Al-Fatihah adalah cara untuk membuka membaca Al-Qur’an, baik secara lafadz maupun tulisan. Surah Al-Fatihah juga sebagai pembuka semua shalat.

Keempat. Ummul Kitab, menurut jumhur ulama.

Kelima. Ummul Qur’an, menurut jumhur ulama. Hal ini disebabkan karena Nabi saw. bersabda, “Alhamdulillah adalah ummul Qur’an (induknya Al-Qur’an), Ummul kitab (induknya kitab), dan Assab’ul matsani (tujuh yang diulang-ulang).” (HR. At-Tirmidzi)

Keenam. Al-Matsani. Hal ini disebabkan karena diulang-ulang setiap shalat.

Ketujuh. Al-Qur’an Al-Adzim. Hal ini disebabkan karena Al-Fatihah mengandung semua ilmu Al-Qur’an Nabi saw. bersabda, “Fatihahnya kitab adalah obat untuk setiap racun.” (HR. Ad-Darimi)

Kedelapan. Ar-Ruqyah. Hal ini disebabkan karena Nabi saw. pernah bersabda kepada seseorang yang telah meruqyah pemimpin desa dengan surah Al-Fatihah, “Bagaimana engkau tahu bahwa surah Al-Fatihah adalah ruqyah?”

Kesembilan. Al-Asas. Hal ini didasarkan pada perkataan Ibnu Abbas, “Asas (pondasi)nya kitab-kitab adalah Al-Qur’an, asasnya Al-Qur’an adalah Al-Fatihah, dan asasnya Al-Fatihah adalah bismillahirrahmanirrahim.”

Baca Juga :  Doa Setelah Membaca Surah Al-Fatihah

Kesepuluh. Al-Wafiyah (lengkap). Oleh karena itu surah Al-Fatihah tidak boleh dibaca setengah-setengah di dua rakaat menurut jumhur ulama’, harus dibaca lengkap satu surah di setiap rakaat.

Kesebelas. Al-Kafiyah (Cukup). Hal ini disebabkan karena cukup membaca surah Al-Fatihah tanpa surah yang lain, namun surah yang lain tidak cukup tanpa surah Al-Fatihah.

Kedua belas.  As-Surah. Yakni bagain dari Al-Qur’an yang tersusun dari tiga ayat atau lebih.

Demikianlah nama-nama dari surah Al-Fatihah, dan yang paling masyhur adalah nama Al-Fatihah, Ummul kitab dan As-Sab’ul Matsani. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here