Mengapa Rasul Menyuruh Memisahkan Tempat Tidur Anak?

0
709

BincangSyariah.Com – Islam menganjurkan untuk memisahkan tempat tidur anak-anak sebagaimana hal itu telah diperintahkan oleh Rasulullah Saw. terutama untuk anak-anak yang telah mencapai usia remaja, baik anak laki-laki yang kira-kira hampir mengalami mimpi basah atau anak perempuan yang mendekati usia baligh.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم، “مروا أولادكم بالصلاة وهم أبناء سبع سنين واضربوهم عليها وهم أبناء عشر سنين وفرقوا بينهم في المضاجع

Rasulullah Saw. bersabda, “Perintahkanlah anak-anak kalian untuk salat ketika mereka umur tujuh tahun dan pukullah jika mereka telah berumur sepuluh tahun, dan pisahkan tempat tidur mereka.” (HR. Abu Daud)

Pada mulanya anjuran memisahkan tempat tidur anak-anak merupakan perintah dari Nabi Muhammad Saw. meski beliau tidak menyebutkan alasannya dalam hadis tersebut. Namun Musthafa al-Adawy dalam Fiqh Tarbiyat al-Abnaa mengatakan jika dicermati lebih dalam sebenarnya ada sebuah pelajaran atau hikmah yang akan kita dapatkan.

Pertama karena jika tempat tidur mereka dicampur maka dikhawatirkan tersingkapnya aurat mereka dan kedua untuk mengantisipasi persentuhan badan di antara anak-anak, terutama jika mereka telah menginjak masa remaja.

Baca Juga :  Memakmurkan Masjid "Yes", Politisasi Masjid "No"!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.