Mengapa Muharam Ditetapkan Sebagai Bulan Pertama Tahun Hijriyah?

0
1063

BincangSyariah.Com – Umat Islam setiap tahunnya merayakan tahun baru hijriyah di tanggal 1 Muharam. Di mana tahun Islam yang dihitung ketika awal pertama kali Nabi saw. hijrah ke Madinah. Namun, bukankah Nabi saw. sampai di Madinah tepat pada bulan Rabiul Awwal? Mengapa bulan Muharam ditetapkan sebagai bulan pertama Tahun Hijriyyah?

Memang pada dasarnya Nabi saw. sampai di Madinah ketika hijrah itu tepat pada bulan Rabiul Awal. Adapun alasan bulan Muharam dijadikan sebagai awal tahun Hijriyah adalah karena semangat dan tekad untuk hijrah itu sudah muncul di bulan Muharam.

Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh imam Ibnu Hajar Al-Asqalani di dalam kitab Fathul Bari

وَإِنَّمَا أَخَّرُوهُ -أي التأريخ بالهجرة- مِنْ رَبِيعٍ الْأَوَّلِ إِلَى الْمُحَرَّمِ لِأَنَّ ابْتِدَاءَ الْعَزْمِ عَلَى الْهِجْرَةِ كَانَ فِي الْمُحَرَّمِ؛ إِذِ الْبَيْعَةُ وَقَعَتْ فِي أَثْنَاءِ ذِي الْحِجَّةِ وَهِيَ مُقَدِّمَةُ الْهِجْرَةِ، فَكَانَ أَوَّلُ هِلَالٍ اسْتَهَلَّ بَعْدَ الْبَيْعَةِ وَالْعَزْمِ عَلَى الْهِجْرَةِ هِلَالُ الْمُحَرَّمِ، فَنَاسَبَ أَنْ يُجْعَلَ مُبْتَدَأً. وَهَذَا أَقْوَى مَا وَقَفْتُ عَلَيْهِ مِنْ مُنَاسَبَةِ الِابْتِدَاءِ بِالْمُحَرَّمِ

Dan Sungguh mereka (Nabi saw. dan sahabat) mengakhirkannya (tanggal hijrah) dari (yang seharusnya) bulan Rabiul Awwal ke bulan Muharam karena sesungguhnya permulaan tekad untuk hijrah itu di bulan Muharam. Ketika itu baiat (janji setia kepada Nabi saw.) sudah terjadi di tengah bulan Zulhijah. Dan inilah pendahuluan adanya niat hijrah. Dan awal bulan setelah baiat mulailah adanya tekad yang kuat untuk hijrah pada bulan Muharam. Oleh karena itulah bulan Muharam dijadikan sebagai penisbatan awal tahun Hijriyah. Dan inilah pendapat yang kuat, saya menetapkanya penisbatan awal bulan Hijriyah dengan bulan Muharam.

Demikianlah alasan mengapa bulan Muharam ditetapkan sebagai bulan di awal tahun Hijriyah. Yakni, karena awal tekad hijrah itu sudah berawal di bulan Muharam. Namun, mereka sampai di Madinah baru di bulan Rabiul Awwal. Sehingga, meskipun Nabi saw. dan para sahabat baru sampai di bulan Rabiul Awal. Tetapi karena niat dan tekad hijrah itu sudah muncul setelah baiat di bulan Zulhijjah. Kemudian berlanjut dengan kuat awal bulan Muharam. Maka, bulan Muharam ditetapkan sebagai bulan pertama Tahun Hijriyah. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

 

Baca Juga :  Ibnu Khaldun dan Khilafah Islamiyyah

 

 



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here