Membaca Alquran Dapat Menghilangkan Rasa Nyeri

0
1828

BincangSyariah.Com – Adakah manusia yang tidak merasa tenang setelah membaca Alquran? Seperti yang kita ketahui, Alquran mengandung banyak mukjizat dan obat penenang bagi siapa saja yang sedang dilanda rasa cemas, gelisah dan juga nyeri. Potret keagungan Alquran yang seperti itu termaktub dalam QS Al-Israa ayat 82:

ﻭَﻧُﻨَﺰّﻝُ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﻣَﺎ ﻫُﻮَ ﺷِﻔَﺂﺀٌ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔٌ ﻟّﻠْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ ﻭَﻻَ ﻳَﺰِﻳﺪ ﺍﻟﻈّﺎﻟِﻤِﻴﻦَ ﺇَﻻّ ﺧَﺴَﺎﺭﺍ ُ

“Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian”

Syaikh Muhammad Al-Amin Asy-Syinqith menjelaskan dalam tafsir Adhwaul Bayan bahwa maksud obat dalam ayat ini adalah obat untuk penyakit fisik dan jiwa. Beliau berkata:

ﻣَﺎ ﻫُﻮَ ﺷِﻔَﺎﺀٌ ﻳَﺸْﻤَﻞُ ﻛَﻮْﻧَﻪُ ﺷِﻔَﺎﺀً ﻟِﻠْﻘَﻠْﺐِ ﻣِﻦْ ﺃَﻣْﺮَﺍﺿِﻪِ ; ﻛَﺎﻟﺸَّﻚِّ ﻭَﺍﻟﻨِّﻔَﺎﻕِ ﻭَﻏَﻴْﺮِ ﺫَﻟِﻚَ ، ﻭَﻛَﻮْﻧَﻪُ ﺷِﻔَﺎﺀً ﻟِﻠْﺄَﺟْﺴَﺎﻡِ ﺇِﺫَﺍ ﺭُﻗِﻲَ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ ﺑِﻪِ ، ﻛَﻤَﺎ ﺗَﺪُﻝُّ ﻟَﻪُ ﻗِﺼَّﺔُ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺭَﻗَﻰ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞَ ﺍﻟﻠَّﺪِﻳﻎَ ﺑِﺎﻟْﻔَﺎﺗِﺤَﺔِ ، ﻭَﻫِﻲَ ﺻَﺤِﻴﺤَﺔٌ ﻣَﺸْﻬُﻮﺭَﺓٌ

“Obat yang mencakup obat bagi penyakit hati/jiwa, seperti keraguan, kemunafikan, dan perkara lainnya. Bisa menjadi obat bagi jasmani jika dilakukan ruqyah kepada orang yang sakit. Sebagaimana kisah seseorang yang terkena sengatan kalajengking diruqyah dengan membacakan Al-Fatihah. Ini adalah kisah yanh shahih dan masyhur”

Keterangan di atas menambah keyakinan kita bahwa memang Alquran bisa menjadi obat untuk penyakit fisik, jiwa, dan juga nyeri. Sebagaimana penelitian yang telah direprentasikan pada “International Conference on Cross Cultural Collaboration in Nursing for Sustainable Development”  menyatakan bahwa dengan membaca Alquran 10 menit, 16 dari 31 pasien yang jadi sampel di RS Nur Hidayah Yogyakarta mengalami penurunan dari berbagai skala nyeri setelah mengalami operasi Caesar.

Ketika membaca Alquran, tubuh melibatkan tiga jenis saraf yakni saraf untuk membaca ayat, menyuarakan, dan mendengarkan, sehingga rasa nyeri yang diterima otak berkurang. Hasil yang sama juga pernah diungkap peneliti Iran yang ditulis di Jurnal Sabzevar Univeristy Medical Science yang menemukan efek dari bacaan Alquran pada reaksi fisiologis tubuh terhadap stres menjelang pembedahan.

Baca Juga :  Hadis Tempat Dajjal Menjemput Kematian

Mukjizat Alquran tersebut mengingatkan kembali akan kisah Abi Qasim Al Qusyairi An Naisaburi. Kala itu Syeikh Abi Qasim merasa sedih karena putra tersayangnya sakit keras. Di saat sedang tidur, ia bermimpi ketemu Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wassalam dan mengeluhkan keadaannya kepada Nabi. “Bagaimana usahamu dengan ayat-ayat penyembuhan (syifa?),“ tanya Rasulullah padanya.

Seketika itu pula ia berfikir tentang ayat-ayat penyembuhan itu dalam Alquran dan bersegera ia membacakan ayat-ayat tersebut kepada anaknya. Alhamdulillah, sejak itu ia seakan terlepas dari belenggu (penyakit) yang memberatkan. Begitulah satu dari sekian banyak mukjizat dari Alquran, yaitu bisa menenangkan dan menghilangkan rasa nyeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here