Masjid Huangcheng: Masjid Tertua di Barat Daya Tiongkok

0
145

BincangSyariah.Com – Belum lama ini, saya, istri, dan sahabat-sahabat PCINU Tiongkok berkunjung ke kota Chengdu Ibukota Provinsi Sichuan. Kedatangan kami ke Kota Panda ini sekedar ingin sowan ke Ketua Umum PBNU dan rombongan yang berada di kota ini.

Jarak dari kota kami Chongqing ke kota Chengdu sekitar 400 KM. Ditempuh dengan kreta biasa kurang lebih sekitar 4 jam. Jika menggunakan kreta cepat sekitar 1,5 jam.

Dijadwalkan bertemu sabtu sore di Hotel Grand Hyatt. Maka siang harinya kita sempatkan untuk mengunjungi masjid yang ada di Chengdu. Meskipun tidak tinggal di sini kita memanfaatkan aplikasi Baidu Map. Tinggal tulis 清真寺 (qingzhensi) yang artinya masjid.

Masjid yang terdekat dari hostel tempat kami di Chengdu adalah Masjid Chengdu Huangcheng. Masjid ini salah satu masjid paling terkenal di Cina Barat Daya. Dinamai Masjid Huangcheng karena dekat dengan daerah Huangcheng (Kota Kerajaan) di Chengdu pada masa lampau.

Masjid Huangcheng ini didirikan pada abad ke-16. Perbaikan pertama dimulai pada tahun 1858. Pada tahun 1917 masjid ini dihancurkan akibat perang. Setelah perang Masjid ini dibangun kembali tetapi dengan skala yang lebih kecil karena alasan keuangan.

Foto bersama Pengurus Masjid Huangcheng

Awalnya Masjid Huangcheng meliputi area lebih dari 6.600 meter persegi, sementara setelah perbailan hanya sekitar 5.000 meter persegi. Namun, meskipun begitu Masjid Huangcheng masih merupakan masjid terbesar di Provinsi Sichuan. Di kota Chengdu sendiri ada 4 masjid, saya sebenarnya ingin mengunjungi 4 masjid itu. Karena waktu maka hanya Masjid Huangcheng saja.

Sebuah tablet dengan nama Masjid 皇城清真寺 (Huangcheng Qingzhensi) di gerbang pertama digantung. Di gerbang kedua ada empat karakter China 开天古教 (Kai Tian Gu Jiao) yang artinya agama paling kuno tulisan ini dibuat pada masa Dinasti Qing (1644-1911). Tulisan itu dimulai dari kanan seperti tulisan Arab.

Baca Juga :  Ini Alasan Ibnu Khaldun Tak Percaya Soal Kemunculan Imam Mahdi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here