Asal Usul Marga Habaib; Induk Klan Alatas

1
4213

BincangSyariah.Com – Alatas berasal dari bahasa Arab al-‘Atthas yang berarti ‘orang yang banyak bersin’. Konon orang yang dijuluki al-‘Atthas adalah mereka yang pada saat masih berada di dalam kandungan ibunya itu seringkali bersin. Dari kalangan Habaib, menurut Sayid Muhammad al-Syathiri dalam al-Mu‘jam al-Lathif, janin yang pertama kali bersin ketika masih dalam kandungan ibunya adalah Habib ‘Aqil bin Salim, saudara kandung Habib Syekh Abu Bakar bin Salim.

Namun, klan Alatas yang masyhur digunakan oleh para habaib di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, tidak menginduk pada Habib ‘Aqil bin Salim.

Klan Alatas, menurut Sayid Muhammad al-Syathiri dalam al-Mu‘jam al-Lathif, menginduk pada Habib ‘Abdurrahman bin ‘Aqil Alatas. Habib ‘Abdurrahman Alatas ini juga memiliki kelebihan bersin saat masih berada dalam kandungan ibunya. (Kumpulan Artikel tentang Berita dan Amalan Habaib)

Namun, ada juga riwayat yang menyebutkan bahwa beberapa saat setelah Habib ‘Abdurrahman Alatas dilahirkan itu seringkali bersin. Menurut riwayat ini, keadaan bersin itu bukan terjadi saat beliau masih berada dalam kandungan. Oleh karena itu, setiap keturunan ‘Abdurrahman ini mendapat klan Alatas.

Habib ‘Abdurrahman ini diperkirakan hidup pada abad ke-10 Hijriah. Ia dikaruniai beberapa putra. Putra-putra Habib ‘Abdurrahman ini adalah ‘Afifuddin ‘Abdullah, ‘Aqil, Shalih, Masyyakh, dan ‘Umar. Putra Habib ‘Abdurrahman yang bernama ‘Umar inilah yang wiridannya diamalkan oleh sebagian umat Muslim di Indonesia. Habib ‘Umar bin ‘Abdurrahman ini pengarang Ratib Al-Athos.

Habib ‘Abdurrahman dimakamkan di kota Huraidah, Provinisi Hadramaut, Yaman. Beliau merupakan orang pertama dari kalangan Alawiyin atau Habaib yang dimakamkan di kota tersebut. Belakangan kota Huraidah dikenal dengan Ibu Kota klan Alatas di Yaman.

Baca Juga :  Kota Faiyoum: Lumbung Makanan di Masa Nabi Yusuf As.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here