Makna Ucapan Imam Tirmidzi “Hadis Ini Hasan Sahih”

1
1205

BincangSyariah.Com – Kitab Jami’ al-Tirmidzi terkenal juga dengan nama Sunan al-Tirmidzi. Kitab ini merupakan sumber utama untuk mengetahui tentang hadis hasan. Mahmud Thahan dalam Taisir Musthalah Hadis menyebut, Imam Tirmidzi adalah ahli hadis yang dianggap berkontribusi memasyhurkan istilah hadis hasan dalam literatur ilmu hadis dan beliau banyak menyebut itu dalam kitabnya.

Jika membaca hadis-hadis dalam kitab Sunan al-Tirmidzi maka akan kita dapati komentar dan penilaian Imam Tirmidzi tentang sebuah hadis. Ketika menilai sebuah hadis, salah satu ucapan yang dipopulerkan oleh Imam Tirmidzi adalah ungkapan “hadis ini hasan sahih”

Sekilas term hadis hasan sahih terlihat agak rancu untuk dipahami, sebab hadis hasan adalah hadis yang tidak sampai derajat sahih, bagaimana keduanya bisa digabungkan sedangkan keduanya memiliki kualitas yang berbeda.

Para ulama menafsirkan ungakapan Imam Tirmizi ini berbeda-beda, tapi menurut Mahmud Thahan jawaban yang paling baik adalah jawaban Ibnu Hajar yang juga dibenarkan al-Suyuthi. Singkatnya yaitu;

Pertama, jika hadis tersebut memiliki dua jalur sanad atau lebih maknanya hadis tersebut hasan berdasarkan satu jalur sanad dan sahih berdasarkan jalur sanad lainnya.

Kedua, jika hadis itu hanya punya satu jalur sanad maka maknanya, hadis itu hasan menurut suatu kaum dan sahih menurut kaum lainnya.

Jawaban ini menyiratkan adanya perbedaan ulama dalam menghukumi kualitas sebuah hadis, atau memang belum jelas kualitas hadis tersebut.

Baca Juga :  Wejangan Pengarang Kifayatul Akhyar tentang Pemimpin Koruptor

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here