Mahar Rasulullah Saat Menikahi Ummu Salamah

0
22

BincangSyariah.Com – Nama asli dan nasab Ummu Salamah adalah Hindun binti Hudzaifah (Abu Umayyah) bin Mughirah bin Abdullah bin Amr bin Makhzum, dari Bani Makhzum. Ibunya adalah ‘Atiqah binti Amir bin Rabi’ah. Kemudian ia lebih dikenal dengan sebutan dan nama Ummu Salamah.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa sebelum menikah dengan Rasulullah, Ummu Salamah terlebih dahulu dipinang oleh ٍSayyidina  dan Sayidina Umar, namun keduanya ditolak. Kemudian Rasulullah Saw meminangnya dan menikahinya di bulan Syawal, pada tahun keempat hijriyah.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Siyaru A’laam an-Nubalaa’ berikut;

عن عمر بن أبي سلمة  قال : بعث رسول الله صلى الله عليه وسلم أبي إلى أبي قطن في المحرم سنة أربع، فغاب تسعا وعشرين ليلة، ثم رجع في صفر، وجرحه الذي أصابه يوم أحد منتقض؛ فمات منه، لثمان خلون من جمادى الآخرة. وحلت أمي في شوال، وتزوجها رسول الله صلى الله عليه وسلم

Dari Umar bin Abi Salamah, dia berkata; Rasulullah Saw mengutus ayahku ke Abi Qathan di bulan Muharram pada tahun ke empat hijriyah, lalu dia menghilang selama dua puluh sembilan malam, dan kembali di bulan Shafar, dan lukanya yang terkena panah di perang Uhud kambuh, kemudian dia wafat karena luka tersebut pada tanggal delapan bulan Jumadil Akhir. Ibuku (Ummu Salamah) halal di bulan Syawal, dan kemudian Rasulullah Saw menikahinya.

Disebutkan orang yang menjadi wali dan yang menikahkan Ummu Salamah dengan Rasulullah adalah Umar bin Abi Salamah, dan mahar Rasulullah saat menikahi Ummu Salamah memberikan mahar dengan piring makan, kasur yang terbuat dari kulit kurma dan alat penggilingan.

وتولّى ابنها عمر أمر تزويجها، وكان صداقها صُحفة كثيفة وهي آنية الطعام وفراش حَشوُه ليف والليف هو قشور النخل ورحىً أي أداة الطحن

Yang mengurus pernikahan Ummu Salamah adalah anaknya, Umar bin Abi Salamah. Dan maharnya adalah piring yang tebal, yaitu wadah makanan, kasur yang terbuat dari kulit kurma, dan alat penggilingan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here