Mahar Rasulullah Saat Menikahi Juwairiyah

0
9

BincangSyariah.Com – Juwairiyah adalah salah satu istri Rasulullah Saw yang mulia. Juwairiyah adalah pemuka dan tokoh kaum Bani Musthaliq. Nama aslinya adalah Burrah binti Al-Harits bin Abu Dhirar bin Habib bin Aid bin Malik bin Judzaimah bin Musthaliq bin Khuza’ah. (Baca: Juwairiyah Binti al-Harits; Tawanan Perang yang Menjadi Istri Rasulullah)

Berdasarkan beberapa riwayat, Rasulullah menikahi Juwairiyah setelah perang Muraisi’, yaitu peperangan antaran kaum muslimin dengan Bani Musthaliq yang terjadi pada tahun kelima hijriyah. Dia akhirnya menjadi tawanan perang dan meminta kepada Rasulullah untuk membebaskan dirinya dan para tawanan perang lainnya. Rasulullah menyanggupi permintaan Juwairiyah dengan syarat bersedia menikah dengan beliau.

Disebutkan bahwa Juwairiyah saat menikah dengan Rasulullah berusia dua puluh tahun. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Siyar A’lam Al-Nubala’ berikut;

وعن جويرية ، قالت : تزوجني رسول الله صلى الله عليه وسلم ، وأنا بنت عشرين سنة

Dari Juwairiyah, dia berkata; Rasulullah menikahiku saat aku berusia dua puluh tahun.

Adapun mahar Rasulullah saat menikahi Juwairiyah adalah melepaskan dan memerdekakan semua tawanan dan budak dari Bani Musthaliq. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Siyar A’lam Al-Nubala’ berikut;

وعَنِ الشَّعْبِيِّ، قَالَ: أَعْتَقَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جُوَيْرِيَةَ، وَاسْتَنْكَحَهَا، وَجَعَلَ صَدَاقَهَا عِتْقَ كُلِّ مَمْلُوْكٍ مِنْ بَنِي المُصْطَلِقِ

Dari Imam Al-Sya’bi, dia berkata; Rasulullah memerdekakan Juwairiyah dan kemudian menikahinya, dan maharnya adalah memerdekakan semua budak dari kalangan Bani Musthaliq.

Dalam kitab Jami’ul Atsar fi Mawlid Al-Nabiyyil Mukhtar, juga disebutkan sebagai berikut;

وخرج الحاكم في المستدرك من حديث سفيان بن عيينة عن ابن نجيح، عن مجاهد قال: قالت جويرية يا رسول الله: إنّ نساءك يفخرن على ويقلن: لم يتزوّجك رسول الله انما انت ملك يمين فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ألم أعظم صداقك؟ ألم أعتق أربعين من قومك؟

Imam Al-Hakim dalam kitab Al-Mustadrak mengeluarkan hadis dari Sufyan bin ‘Uyainah dari Ibn Najih dari Mujahid, dia berkata bahwa Juwairiyah berkata; Wahai Rasulullah, para istrimu berbangga-bangga padaku sambil dan mereka berkata ‘Rasulullah tidak menikahimu, kamu hanya budak’. Maka Rasulullah berkata; Tidakkah aku sudah memberikan mahar yang besar kepadamu? Tidakkah aku sudah memerdekakan empat puluh orang dari kaummu?.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here