Live Acara “Ngopi” (Ngobrol Penting) BincangSyariah; Benarkah Islamofobia Menguat di Barat?

0
516

BincangSyariah.Com – Benarkah Islamofobia menguat di Barat? Pertanyaan ini muncul setelah melihat apa yang terjadi di Selandia Baru. Sebuah peristiwa masih menjadi sebuah memori yang memilukan siapapun yang menyaksikannya. Tidak diprediksi sebelumnya, empat orang – salah satunya berkewarganegaraan Australia – melakukan penembakan membabi buta di dalam masjid An-Noor di kota Christchurch, Selandia Baru. Terhitung ada 49 orang korban meninggal. Yang menimbulkan asumsi kuat adanya islamofobia adalah, pernyataan pelakunya sendiri di media sosial yang mengatakan kalau yang ia lakukan adalah karena melihat “imigran muslim sudah mulai menjajah Eropa”. Dari sini, muncullah pertanyaan, apa ini menunjukkan kalau islamofobia – kembali menguat di masyarakat Eropa (dan Barat secara umum)?

Untuk membahasnya, malam ini kami menghadirkan Ust. Mahbub Hefdzil Akbar, MA. Dosen UIN Bandung ini pernah mengenyam pendidikan di Belanda di bidang Islamic Studies. Kita akan ngobrol-ngobrol terkait bagaimana sebenarnya pandangan masyarakat Eropa terhadap umat Muslim? Adakah dinamika atau tren yang kecenderungan positif, atau justru negatif membenarkan pandangan kalau memang Islamofobia menguat di Eropa? Benarkah masyarakat Barat mulai merasa “terusik” dengan kehadiran imigran muslim di wilayahnya?

Simak selengkapnya nanti malam, jam 20.00. Acara dapat ditonton secara live Instagram dan Fanpage Facebook BincangSyariah.Com. Yang tertinggal dan ingin mendengar episode-episode sebelumnya dapat didengarkan di Spotify dengan mengetik “Podcast BS”. Sampai jumpa nanti malam ya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here