Lima Surah yang Diawali dengan Panggilan

0
1246

BincangSyariah.Com – Dalam bahasa Arab, panggilan disebut dengan al-nida. Karena itu, dalam Ulumul Quran disebutkan bahwa surah-surah yang diawali dengan panggilan disebut dengan istiftah bin nida. Ada 10 surah dalam AL-Quran yang diawali dengan panggilan.  Lima (5) surah panggilan untuk Nabi Muhammad.

Pertama, surah Al-Ahzab. Allah berfirman dengan memanggil Nabi Muhammad dengan panggilan nabi.

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اتَّقِ اللّٰهَ وَلَا تُطِعِ الْكٰفِرِيْنَ وَالْمُنٰفِقِيْنَ ۗاِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلِيْمًا حَكِيْمًاۙ

Wahai Nabi, bertakwalah kepada Allah dan janganlah engkau menuruti (keinginan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

Kedua, surah Al-Thalaq. Allah berfirman dengan memanggil Nabi Muhammad dengan panggilan nabi juga.

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اِذَا طَلَّقْتُمُ النِّسَاۤءَ فَطَلِّقُوْهُنَّ لِعِدَّتِهِنَّ وَاَحْصُوا الْعِدَّةَۚ

Wahai Nabi, apabila kamu menceraikan istri-istrimu maka hendaklah kamu ceraikan mereka pada waktu mereka dapat (menghadapi) idahnya (yang wajar).

Ketiga, surah Al-Tahrim. Allah berfirman dengan memanggil Nabi Muhammad dengan panggilan nabi juga.

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ لِمَ تُحَرِّمُ مَآ اَحَلَّ اللّٰهُ لَكَۚ تَبْتَغِيْ مَرْضَاتَ اَزْوَاجِكَۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Wahai Nabi, mengapa engkau mengharamkan apa yang dihalalkan Allah bagimu? Engkau ingin menyenangkan hati istri-istrimu? Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Keempat, surah Al-Muzammil. Allah berfirman;

يٰٓاَيُّهَا الْمُزَّمِّلُۙ

Wahai orang yang berselimut (Muhammad).

Kelima, surah Al-Mudatstsir. Allah berfirman;

يٰٓاَيُّهَا الْمُدَّثِّرُۙ

Wahai orang yang berkemul (berselimut).

Sementara 5 lima surah lainnya merupakan panggilan pada kaum beriman dan umat manusia secara keseluruhan. Lima surah tersebut sebagai berikut;

Pertama, surah Al-Nisa. Allah berfirman;

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً

Wahai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)-nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak.

Baca Juga :  5 Mualaf Dunia yang Mengharumkan Islam

Kedua, surah Al-Maidah. Allah berfirman;

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَوْفُوْا بِالْعُقُوْدِۗ

Wahai orang-orang yang beriman, penuhilah janji-janji kalian.

Ketiga, surah Al-Hajj. Allah berfirman;

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمْۚ اِنَّ زَلْزَلَةَ السَّاعَةِ شَيْءٌ عَظِيْمٌ

Wahai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sungguh, guncangan (hari) kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar.

Keempat, surah Al-Hujurat. Allah berfirman;

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan RasulNya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Kelima, surah Al-Mumtahanah. Allah berfirman;

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا عَدُوِّي وَعَدُوَّكُمْ أَوْلِيَاءَ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil musuh-Ku dan musuhmu menjadi teman-teman setia.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here