Lima Surah Al-Qur’an yang Diakhiri dengan Alhamdulillah

0
2343

BincangSyariah.Com – Pujian dalam bahasa Arab disebutkan dengan kata “Al-hamdu” yang terdiri dari lima huruf, yakni alif, lam, hah, mim, dan dal. Di dalam Al-Qur’an pun ada lima surah yang diawali dengan kata Al-hamdu (baca di sini). Kelima surah tersebut adalah Al-Fatihah, Al-An’am, Al-Kahf, Saba’, dan Fathir. Ada pula lima surah yang diakhiri dengan kata alhamdulillah sebagai berikut.

Pertama, surah Al-Isra’

وَقُلِ الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ لَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَّلَمْ يَكُنْ لَّهٗ شَرِيْكٌ فِى الْمُلْكِ وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ وَلِيٌّ مِّنَ الذُّلِّ وَكَبِّرْهُ تَكْبِيْرًا

  1. Dan katakanlah, “Segala puji bagi Allah yang tidak mempunyai anak dan tidak (pula) mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia tidak memerlukan penolong dari kehinaan dan agungkanlah Dia seagung-agungnya.

Kedua, surah An-Naml

وَقُلِ الْحَمْدُ لِلّٰهِ سَيُرِيْكُمْ اٰيٰتِهٖ فَتَعْرِفُوْنَهَاۗ وَمَا رَبُّكَ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُوْنَ

93: Dan katakanlah (Muhammad), “Segala puji bagi Allah, Dia akan memperlihatkan kepadamu tanda-tanda (kebesaran)-Nya, maka kamu akan mengetahuinya. Dan Tuhanmu tidak lengah terhadap apa yang kamu kerjakan.”

Ketiga, Ash-Shaffat

وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ

  1. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam.

Keempat, Az-Zumar

وَتَرَى الْمَلٰۤىِٕكَةَ حَاۤفِّيْنَ مِنْ حَوْلِ الْعَرْشِ يُسَبِّحُوْنَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْۚ وَقُضِيَ بَيْنَهُمْ بِالْحَقِّ وَقِيْلَ الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ

  1. Dan engkau (Muhammad) akan melihat malaikat-malaikat melingkar di sekeliling ‘Arsy, bertasbih sambil memuji Tuhannya; lalu diberikan keputusan di antara mereka (hamba-hamba Allah) secara adil dan dikatakan, “Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam.”

Kelima, Al-Jatsiyah

فَلِلّٰهِ الْحَمْدُ رَبِّ السَّمٰوٰتِ وَرَبِّ الْاَرْضِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ

36.Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan (pemilik) langit dan bumi, Tuhan seluruh alam.

Berbeda dengan keempat surah sebelumnya, surah Al-Jatsiyah diakhiri dengan kata alhamdu/pujian kepada Allah swt. di ayat sebelum akhir, yakni ayat ke 36 dari 37 ayat. Demikianlah lima ayat yang diakhiri dengan kata alhamdulillah/pujian kepada Allah swt. Wa Allahu a’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Harga Rokok Tidak Mungkin Naik Rp. 50.000? Ini Alasannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here