Lima Kenikmatan Kubur yang akan Didapatkan Orang Beriman

3
4354

BincangSyariah.Com – Saat para pengiring mayit meninggalkan kuburan, maka datanglah dua orang malaikat yang akan bertanya kepadanya tentang beberapa hal; Siapa tuhanmu, apa agamamu, siapa rasulmu, siapa saudaramu dan apa pedoman hidupmu. Hanya orang-orang yang beriman dan melakukan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya yang akan bisa menjawabnya. Bagi mereka akan dianugerahkan kenikmatan kubur yang dianugerahkan Allah untuk orang beriman

Rasulullah Saw bersabda tentang orang beriman yang bisa menjawab pertanyaan Malaikat Mungkar dan Nakir:

“فيُنادِي مُنادٍ من السماء أنْ صدَق عبدي فأفرِشُوه من الجنَّة، وألبِسُوه من الجنَّة، وافتَحوا له بابًا إلى الجنَّة، فيأتيه من رِيحها وطِيبها، ويُفسَح له في قبره مدَّ بصره.

Artinya: “Maka ada suara yang menyeru dari langit: “HambaKu telah benar, maka bentangkanlah untuknya tempat tidur dari surga, berilah dia pakaian dari surga, dan bukakan pintu untuknya menuju surga, sehingga angin dan aroma wangi surga sampai kepadanya, dan kemudian dilapangkan kuburannya sejauh mata memandang.” (HR Ahmad dan An-Nasai)

Maka berdasarkan hadis di atas terdapat lima hal kenikmatan yang akan didapatkan oleh orang beriman;

Pertama. Ia akan dibentangkan untuknya kasur dari surga.

Kedua. Akan dipakaikan kepadanya pakaian para ahli surga.

Ketiga. Dibukakan pintu surga agar wanginya semerbak mengitasi kuburnya sehingga ia akan merasa bahagai selalu hanya karena melihatnya.

Keempat. Kuburnya akan diluaskan sepanjang mata memandang. Dalam hadis riwayat Muslim dikatakan akan diluaskan sepanjang 70 dzira.

Kelima. Diberikan kabar gembira dengan keridhaan Allah atas dirinya sehingga ia berharap agar cepat datang hari kiamat dan kehidupan alam barzakh berakhir.

Wallahu’alam.

Baca Juga :  Nasihat Sayidina Ali untuk Orang yang Mendapatkan Cobaan dan Ujian

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here