Lima Binatang yang Dijadikan Nama Surah Al-Qur’an

1
681

BincangSyariah.Com- Ada 114 surah yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Di antaranya ada lima surah yang dinamai dengan nama binatang. Kelima surah tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Surah Al-Baqarah

Al-Baqarah berarti sapi betina. Nama ini diambil karena di dalam surah ini tepatnya ayat 67-73 berisi tentang perintah Allah swt. kepada Bani Israil agar menyembelih sapi betina untuk mengungkap misteri pembunuhan.

Surah Al-Baqarah terdapat di dalam juz pertama di dalam Al-Qur’an dan menempati urutan surah kedua setelah surah Al-Fatihah. Surah Al-Baqarah terdiri dari 286 ayat yang termasuk jenis surah Madaniyyah kecuali ayat ke 281 yang turun di Mina pada waktu haji wada’.

Surah ini merupakan surah yang pertama kali turun di Madinah sekaligus menjadi surah yang paling panjang di dalam Al-Qur’an. Selain itu, di dalam surah Al-Baqarah terdapat ayat yang agung, yakni ayat kursi. Ayat yang terakhir turun kepada Nabi saw. pun ada di dalam surah Al-Baqarah ini, yakni ayat ke 281 (baca di sini)

  1. Surah An-Nahl

Surah An-Nahl termasuk dalam kategori surah Makkiyyah yang terdiri dari 128 ayat. Surah An-Nahl terdapat di dalam juz yang ke 14 dan menempati urutan surah ke 16.

An-Nahl berarti lebah. Dinamakan dengan surah An-Nahl karena di dalamnya mengandung dua ayat tentang lebah, yakni ayat 68 dan 69.

وَاَوْحٰى رَبُّكَ اِلَى النَّحْلِ اَنِ اتَّخِذِيْ مِنَ الْجِبَالِ بُيُوْتًا وَّمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُوْنَۙ

Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, “Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia (68)

ثُمَّ كُلِيْ مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ فَاسْلُكِيْ سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًاۗ يَخْرُجُ مِنْ بُطُوْنِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ اَلْوَانُهٗ ۖفِيْهِ شِفَاۤءٌ لِّلنَّاسِۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Baca Juga :  Nouman Ali Khan; Tokoh Muslim Berpengaruh asal Pakistan

kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir. (69)

Berdasarkan ayat tersebut, maka kita dapat belajar bahwa Allah swt. telah mengilhami lebah untuk mengkonsumsi hal-hal yang baik, yakni menghisap bunga-bunga sehingga dapat menghasilkan madu yang berkualitas dan dapat dijadikan obat. Maka, jika kita mengkonsumsi yang baik-baik, output kita pun insya Allah akan baik juga.

  1. An-Naml

Surah An-Naml merupakan surah Makkiyyah yang terdiri dari 93 ayat. Surah An-Naml terdapat di dalam juz yang ke 19 dengan urutan surah ke 27.

Surah ini dinamakan An-Naml yang berarti semut adalah disebabkan karena di dalamnya terdapat kisah seekor semut yang menyuruh semut-semut yang lain untuk masuk ke dalam sarang agar tidak terinjak pasukan Nabi Sulaiman a.s. Dan Nabi Sulaiman a.s. tersenyum mendengar perkataan semut tersebut. Kisah tersebut terdapat di dalam ayat 18 dan 19 sebagai berikut.

حَتّٰىٓ اِذَآ اَتَوْا عَلٰى وَادِ النَّمْلِۙ قَالَتْ نَمْلَةٌ يّٰٓاَيُّهَا النَّمْلُ ادْخُلُوْا مَسٰكِنَكُمْۚ لَا يَحْطِمَنَّكُمْ سُلَيْمٰنُ وَجُنُوْدُهٗۙ وَهُمْ لَا يَشْعُرُوْنَ

Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, “Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari.”

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنْ قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ

Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, “Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.”

  1. Al-Ankabut
Baca Juga :  Potret Kehidupan Keluarga di Masyarakat Arab pra Kenabian Muhammad di dalam Alquran (Bagian 1)

Surah Al-Ankabut termasuk surah Makkiyyah yang terdiri dari 69 ayat. Surah ini terdapat di dalam juz ke 20 dan urutan surah ke 29.

Dinamakan surah Al-Ankabut yang berarti laba-laba adalah disebabkan karena Allah swt. telah menyerupakan orang-orang yang telah menjadikan berhala-berhala dan benda-benda lainnya sebagai Tuhan dengan perumpamaan laba-laba yang telah membangun rumah yang rapuh dan hina. Allah swt. berfirman:

مَثَلُ الَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَوْلِيَاۤءَ كَمَثَلِ الْعَنْكَبُوْتِۚ اِتَّخَذَتْ بَيْتًاۗ وَاِنَّ اَوْهَنَ الْبُيُوْتِ لَبَيْتُ الْعَنْكَبُوْتِۘ لَوْ كَانُوْا يَعْلَمُوْنَ

Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah ialah rumah laba-laba, sekiranya mereka mengetahui. (41)

  1. Al-Fil

Surah Al-Fil merupakan surah Makkiyyah yang terdiri dari lima ayat. Surah ini terdapat di dalam juz ke 30 dan menempati urutan surah ke 105. Dinamakan Al-Fil yang berarti gajah adalah disebabkan karena surah ini diawali dengan menyebutkan kisah pasukan gajah.

اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ

Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah?

Pasukan gajah tersebut dipimpin oleh raja Abrahah Al-Habsyi dari Yaman hendak menghancurkan Ka’bah. Namun dihalangi oleh Allah swt.

Demikianlah lima binatang yang dijadikan nama surah Al-Qur’an. Wa Allahu A’lam bis shawab.

1 KOMENTAR

  1. […] BincangSyariah.Com – Sarang laba-laba banyak kita jumpai menggantung di dinding rumah, mushalla dan lainnya. Terdapat sebagian orang yang beranggapan bahwa jika kita menyentuh sarang laba-laba, maka kita harus bersuci karena sarang laba-laba adalah najis. Benarkah sarang laba-laba najis? (Lima Binatang yang Dijadikan Nama Surah dalam Al-Qur’an, Laba-laba Termasuk di Dalamnya) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here