Lima Alasan Pentingnya Mengkaji Sirah Nabawiyah

0
1319

BincangSyariah.Com – Dalam rangka mempelajari Islam secara utuh, ada satu rujukan yang sangat penting untuk diperhatikan selain Alquran dan Hadis, yaitu Sirah Nabawiyah. Bila kita membatasi kajian Islam pada Alquran dan Sunah Nabi saw. semata, maka kita akan memahami Islam dalam pecahan-pecahan yang nampak tidak padu. Sirah Nabawi, yaitu sejarah hidup Nabi, menyatukan pecahan-pecahan terebut. Dengan bahasa lain, dengan mengkaji sejarah hidup Nabi, kita akan bisa memahami bagaimana Syariat Islam diterapkan oleh masyarakat yang dipimpin oleh Nabi saw. Berikut lima alasan pentingnya mengkaji Sirah Nabawi sebagaimana dijelaskan Dr. Said Ramadhan al-Buthi dalam Fiqhus Sīrah, (Damaskus: Dār al-Fikr), h. 15-16.

  1. Meningkatkan keyakinan bahwa Muhammad saw. adalah utusan Allah.

Dengan mengkaji perjalanan hidup nabi, maka kita akan memahami kepribadian Rasulullah saw. Bagaimana beliau melalui liku-liku kehidupan, menjalani kehidupan manusia seutuhnya, akhirnya membawa manusia ke pesan universal agama. Dengan melihat fakta ini, maka akan terbukti bahwa Rasulullah saw. bukan sekadar sosok jenius yang sangat terpandang di kalangan kaumnya. Beliau pasti lebih daripada itu. Beliau adalah utusan Tuhan yang risalahnya didukung oleh wahyu yang diturunkan langsung dari hadirat-Nya.

  1. Mendapatkan suri teladan terbaik dalam diri Rasulullah saw.

Dalam setiap fase hidup Nabi, umat muslim dapat menemukan sosok suri teladan paling luhur. Sebagai apapun seseorang, entah seniman, guru, pengusaha, atau suami, seorang dapat mencontoh Nabi dalam bentuk yang paling sempurna. Dengan demikian, seorang dapat menjadikan beliau sang suri teladan yang segala tindakannya benar-benar diikuti. Itulah alasan Allah Swt. sendiri menahbiskan Rasulullah saw. sebagai teladan bagi umat manusia.

  1. Meningkatkan pemahaman yang utuh atas Alquran.

Ketika seorang memahami sirah Nabi dengan baik, maka semakin mudah baginya memahami Alquran, merasakan ruh kehadiran dan tujuan Alquran. Hal ini demikian karena sebagian besar ayat Alquran turun berkenaan dengan peristiwa yang menimpa Rasulullah saw. Jadi dengan memperhatikan peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan turunnya ayat tersebut, makna ayat tertentu menjadi lebih terang dan lebih jelas.

  1. Menyempurnakan keislaman kita.

Perjalanan hidup Rasulullah memberikan setiap muslim banyak manfaat menyangkut ranah akidah, hukum, maupun akhlak. Apalagi, tidak disangsikan bahwa kehidupan Rasulullah saw. adalah potret nyata bagaimana sebuah peradaban Islam mampu menghimpun semua prinsip pokok ajaran Islam dalam bentuknya yang paling ideal.

  1. Menyukseskan dakwah dengan mencontoh metode Rasulullah saw.

Rasulullah adalah seorang pendidik sukses. Dengan mempelajari sejarah hidup beliau, maka setiap dai dan guru dapat menerapkan berbagai metode pendidikan yang diwariskan Rasulullah Saw. Beliau adalah seorang pendidik yang paling utama.  Beliau telah berhasil dengan sangat gemilang dalam berdakwah. Semua metode pendidikan paling cemerlang ini dapat ditemukan di sepanjang fase dakwah yang beliau lalui.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here