Laki-Laki Terbaik Menurut Rasulullah

0
2283

BincangSyariah.Com – Seringkali perempuan masih diperlakukan tidak wajar oleh sebagian laki-laki. Hal ini dibuktikan dengan beredarnya berita-berita kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan oleh suami terhadap istrinya. Padahal, hal ini bukanlah ajaran Rasulullah saw. Lalu bagaimana laki-laki terbaik menurut Rasulullah saw. itu?

Berkaitan dengan laki-laki terbaik menurut Rasulullah saw., sahabat Abu Hurairah r.a. pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda:

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَخَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لِنِسَائِهِمْ. (رواه الترمذي)

Orang Mukmin yang paling sempurna imannya adalah mereka yang memiliki akhlak mulia dan sebaik-baik kalian adalah mereka yang berperilaku baik terhadap perempuan-perempuan mereka. (H.R. At-Tirmidzi).

Berdasarkan riwayat Abu Hurairah r.a. Rasulullah saw. menegaskan pentingnya posisi akhlak dan relasi kemanusiaan dalam misi kenabiannya.

Rasulullah saw. menyadarkan kepada umatnya bahwa kesempurnaan iman adalah tercermin dengan sikap dan akhlaknya.

Selain itu, Rasulullah saw. juga mengingatkan bahwa berbuat baik kepada perempuan adalah menjadi syarat keimanan. Sekaligus juga indikator laki-laki terbaik dan terpilih. Dengan demikian hal ini adalah pengakuan tegas Rasulullah saw. atas posisi penting dan martabat perempuan di dalam kacamata Islam.

Yakni perempuan ada untuk diperlakukan sebagai manusia bermartabat. Berhak dimuliakan. Bukan dilecehkan, direndahkan, atau pun dipinggirkan. Apalagi dijadikan korban kekerasan.

Penegasan Rasulullah saw. tersebut menjadi suatu gebrakan di tengah masyarakat Jahiliyyah yang tidak mau mengakui keberadaan perempuan. Malu memiliki anak perempuan. Dan perlakuan-perlakuan tidak manusiawi lainnya terhadap perempuan.

Namun, hadis tesebut juga dapat dipahami sebaliknya. Yakni perempuan mukmin yang terbaik adalah perempuan yang berbuat baik kepada laki-laki. Khususnya kepada suaminya.

Dengan demikian, umat Muslim yang baik menurut Rasulullah saw. dalam hadis tersebut adalah mereka yang berakhlak mulia, baik laki-laki kepada perempuan, atau perempuan kepada laki-laki. Semoga kita dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.  Wa Allahu a’lam bis shawab.

Baca Juga :  Ini Keutamaan Menjodohkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here