Kunjungan Grand Syaikh Al-Azhar ke PBNU

1
386

BincangSyariah.Com – Dalam serangkaian kunjungannya di Indonesia, Grand Syaikh Al-Azhar Mesir, Syaikh Ahmad Muhammad Tayyib berkesempatan menyambangi kantor Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) di Jakarta pada Selasa sore (2/5). Ketua Umum PBNU, K.H. Said Aqil Sirajd, berharap silaturahim tersebut bisa menjadi ajang bertukar pikiran dan memberikan inspirasi bagi umat muslim di Indonesia.

Kyai Said juga memanfaatkan acara tersebut untuk mendesiminasikan pemikiran-pemikiran islam nusantara yang moderat dan cinta damai sebagai model bagi dunia islam. Menurutnya, Islam Nusantara bukanlah madzhab baru, tapi lebih sebagai identitas muslim yang tinggal di wilayah nusantara salah satunya adalah Islam Indonesia yang tetap moderat dan toleran meski memiliki kurang lebih 740 suku dan 400 bahasa.

“Semangat ini pula yang disyiarkan oleh Wali Sanga yang menyebarkan islam dengan akhlaq, sikap moderat dan toleransi sehingga hanya dalam 50 tahun islam sudah menyebar di nusantara tanpa pertumpahan darah dan perang,” ungkap Kyai Said.

Sikap ini juga sejalan dengan Islam moderat yang diusung Al-Azhar, menurut Syaikh Ahmad Muhammad Tayyib mengatakan bahwa sikap moderat di antaranya adalah dengan mencari persamaan bukan perbedaan. Tapi bukan berarti membenarkan kalau ada madzhab yang menyimpang. “Yang salah adalah ketika kita mengatakan hanya saya yang benar kamu salah.” Kata beliau.

Beliau juga berharap PBNU harus mampu mempersatukan umat islam dan menjadi duta persatuan. Karena jika umat islam selalu saling menyalahkan dan mengkafirkan yang lain, justru inilah yang menyebabkan perpecahan dalam islam.

Pada kesempatan tersebut hadir pula Rektor al-Azhar, Menteri Agama Indonesia, Duta Besar Mesir untuk Indonesia; Aqil Sirajd, Prof. Quraish Syihab, Menteri Pemuda dan Olahraga, dan Duta Indonesia untuk Mesir.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here