Kriteria Utama dalam Mencari Ustadz Menurut Quraish Shihab

0
340

BincangSyariah.Com – Dewasa ini, banyak bermunculan figur ustadz dadakan yang tampil dengan retorika memikat nan pandai menyampaikan joke-joke yang menghipnotis jamaah. Tapi sayang kemampuan retorika yang mumpuni itu tak dibarengi dengan kematangannya dalam ilmu agama.

Qurasih Shihab menyebutkan banyak dari para ustadz tersebut berangkat dari semangat dakwah yang dilatarbelakangi dengan sabda Nabi ‘ballighu anni walau aayah: sampaikanlah dariku walau satu ayat‘.

Menurut cendekiawan Islam yang mengarang Tafsir al-Misbah tersebut, memang benar Rasulullah menyuruh umatnya untuk menyampaikan atau mendakwahkan apa-apa yang berasal dari beliau walaupun hanya satu ayat. Tapi dengan syarat bahwa sang pendakwah harus mengerti dan tahu apa yang disampaikan.

“Nah, ini tidak hanya beralasan sampaikan walau satu ayat, ya sampaikan walau satu ayat kalau anda mengerti ayat itu,” ujar mantan Menteri Agama Kabinet Pembangunan VII itu dalam talk show ‘Hidup Bersama Alquran’.

Apalagi Ustadz merupakan tempat umat bertanya, karenanya Allah Swt pun dalam firman-Nya  memerintahkan agar umat-Nya belajar dan bertanya hanya kepada orang yang mengerti dan memiliki ilmu pengetahuan tentang agama.

فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui. (QS. An- Nahl [16]: 43)

Jadi, jelas Quraish Shihab, perlu ada kesadaran dari sang ustadz di samping kesadaran dari yang ingin belajar. Lalu apa saja kriteria utama untuk orang awam dalam memilih atau mencari ustadz?

Agar tidak salah memilih ustadz, menurut Guru Besar Ilmu Tafsir UIN Jakarta tersebut, kriteria yang paling utama adalah lihat dari akhlaknya agar ustad tersebut bisa menjadi sumber untuk belajar yang baik.

Wallahu’lam.

Baca Juga :  Masih Suka Kurang Ajar terhadap Guru? Renungkan Lagi Nasihat Ali bin Abi Thalib


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here