Categories: Khazanah

Kisah Rasulullah Dilempari Kotoran Unta Saat Shalat

BincangSyariah.Com – Perjuangan Rasulullah saw. saat berdakwah terus mengalami gangguan dan perbuatan-perbuatan menyakitkan dari kaumnya. Bahkan hal itu juga dilakukan oleh kerabat dekatnya sendiri yakni paman beliau yang bernama Abu Jahal.

Salah satu perlakuan menyakitkan yang dialami Rasulullah saw. pernah dikemukakan oleh imam Al-Bukhari melalui sahabat Ibnu Mas’ud sebagai berikut.

“Ketika kami sedang bersama Rasulullah saw. di dalam masjidil Haram, sedangkan Rasulullah saw. pada saat itu sedang mengerjakan shalat, Abu Jahal berkata, “Tidakkah ada seorang laki-laki yang mau mengambilkan kotoran unta dari Bani Fulan, lalu ia mau melemparkannya kepada Muhammad yang sedang shalat itu?”

Kemudian berdirilah Uqbah bin Abi Mu’ith bin Abi Amr bin Umayyah bin Abdisy Syams, lalu ia mendatangkan kotoran unta tersebut dan langsung melemparkannya kepada Rasulullah saw. yang pada waktu itu sedang sujud.

Pada waktu itu, tidak ada seorang pun dari kaum Muslimin yang berada di masjid mampu membersihkan kotoran tersebut dari tubuh Rasulullah saw. karena mereka masih lemah dan belum mampu melawan musuh mereka.

Rasulullah saw. masih tetap dalam keadaan sujud sehingga datanglah Fathimah, putrinya lalu ia membersihkan kotoran tersebut dan membuangnya. Setelah bangun dari sujudnya, segera beliau berdoa melaknat orang-orang yang melakukan perbuatan yang buruk itu.

Rasulullah saw. mengatakan di dalam doanya, “Ya Allah, turunkanlah laknatmu kepada segolongan orang Quraisy.” Lalu beliau menyebutkan beberapa orang. Ibnu Mas’ud melanjutkan ceritanya, “Maka aku melihat mereka semuanya terbunuh dalam perang Badar.”

Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Annisa Nurul Hasanah

Peneliti el-Bukhari Institute dan Tim Redaksi BincangSyariah.

View Comments

Share
Published by
Annisa Nurul Hasanah

Recent Posts

Tamu Tak Boleh Memberikan Makan Suguhan Tuan Rumah ke Orang Lain

BincangSyariah.Com - Ketika kita bertamu ke rumah atau kediaman kerabat atau tetangga, atau menghadiri kondangan pernikahan…

39 menit ago

Cara Bertaubat Karena Berselingkuh dengan Perempuan Bersuami

BincangSyariah.Com - Kita sering mendengar mengenai perselingkuhan yang melibatkan seorang laki-laki dengan seorang bersuami. Bahkan…

4 jam ago

Hukum Menjual Kembali Makanan Sisa Pembeli, Apakah Boleh?

BincangSyariah.Com - Ketika makan di warung makan atau tempat makan tertentu, kita sering menyaksikan di antara…

5 jam ago

Kisah Kerajaan-Kerajaan Kecil Andalusia di Masa Kritis

BincangSyariah.Com - Saat Muluk at-Thawaif/Kerajaan-Kerajaan Kecil Andalusia di masa kritis, para ulama fikih dan politisi Islam di…

7 jam ago

Tafsir Surah al-Mulk Ayat 25-26: Azab Allah Itu Pasti

BincangSyariah.Com - Azab Allah dan nikmat-Nya adalah sesuatu yang pasti. Allah swt tidak akan mengingkari…

9 jam ago

Tafsir Surah Al-Muddatstsir Ayat 38-47: Siapa yang Termasuk Ashabul Yamin?

BincangSyariah.Com - Pada hari kiamat kelak, setiap orang tentunya akan diminta pertanggungjawaban atas yang telah…

12 jam ago