Khilafiyah Tanggal Kelahiran Nabi

0
151

BincangSyariah.Com – Sudah masyhur dikalangan kaum Muslim bahwa Nabi Saw. dilahirkan pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awal. Semua ulama sepakat bahwa Nabi Saw. dilahirkan pada hari Senin bulan Rabiul Awal. Namun mereka berbeda pendapat terkait tanggal kelahiran Nabi Saw. Berikut khilafiyah atau perbedaan ulama terkait tanggal kelahiran Nabi Saw.

Pertama, dalam kitab Lathaiful Ma’arif, Ibnu Rajab menulis bahwa menurut Imam Ibnu Ishaq dan ulama lainnya, tanggal kelahiran Nabi Saw. bertepatan dengan hari Senin tanggal 12 Rabiul Awal. Pendapat ini diikuti oleh kebanyakan ulama dan menjadi pendapat yang masyhur di kalangan kaum Muslim.

Kedua, Nabi Saw. dilahirkan pada tanggal 2 bulan Rabiul Awal. Pendapat ini dikatakan oleh Imam Abdul Barr dalam kitab Alisti’ab.

Ketiga, Nabi Saw. dilahirkan pada tanggal 8 Rabiul Awal. Pendapat ini disebutkan oleh Imam Alhumaidi dari Imam Ibnu Hazam. Pendapat ini juga diiriwatkan oleh Imam Malik, Aqil, Yunus bin Yazid dan ulama lainnya dari Imam Azzuhri dari Jubair bin Muth’im.

Keempat, Nabi Saw. dilahirkan pada tanggal 10 Rabiul Awal. Pendapat ini dinukil oleh Ibnu Dihyah dan diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asakir dari Abu Ja’far Al-Baqir.

Kelima, Nabi Saw. dilahirkan pada tanggal 9 Rabiul Awal bertepatan dengan 20 April 571 M.

Demikian khilafiyah atau perbedaan pendapat ulama terkait tanggal kelahiran Nabi Saw. Namun dari semua pendapat di atas, yang paling sahih dan diikuti oleh kabanyakan ulama adalah pendapat pertama, yaitu Nabi Saw. dilahirkan pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awal. Hal ini karena berdasarkan hadis riwayat Ibnu Abi Syaibah dari Jabir dan Ibnu Abbas, mereka berdua berkata;

وُلِدَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامَ الْفِيْلِ يَوْمَ الْاِثْنَيْنِ اَلثَّانِيَ عَشَرَ مِنْ شَهْرِ رَبِيْعِ الْأَوَّلِ وَفِيْهِ بُعِثَ وَفِيْهِ عُرِجَ بِهِ إِلَى السَّمَاءِ وَفِيْهِ هَاجَرَ وَفِيْهِ مَاتَ

Baca Juga :  Tradisi Masyarakat Arab Jahiliah di Bulan Sya'ban

“Rasulullah Saw. dilahirkan pada tahun Gajah, hari Senin, tanggal 12 Rabiul Awal. Pada hari itu, Nabi Saw. diutus, pada hari itu Nabi Saw. mi’raj ke langit, pada hari itu Nabi Saw. hijrah dan pada hari itu Nabi Saw. wafat.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here